kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45931,36   3,72   0.40%
  • EMAS1.320.000 -0,38%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Pembangunan rumahsakit khusus corona di Pulau Galang sudah lebih 60%


Senin, 23 Maret 2020 / 14:36 WIB
Pembangunan rumahsakit khusus corona di Pulau Galang sudah lebih 60%
ILUSTRASI. Pekerja memperbaiki bangunan bekas rumas sakit pengungsi Vietnam di kawasan bekas Camp Vietnam di Pulau Galang, Batam, Kepulauan Riau, Jumat (20/3/2020). Progres pembangunan Rumah Sakit Khusus Corona (COVID-19) secara keseluruhan telah mencapai 40 persen


Reporter: Abdul Basith | Editor: Khomarul Hidayat

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Pembangunan rumahsakit di Pulau Galang, Kepulauan Riau, sudah lebih dari 60% kemajuannya. Rumahsakit tersebut merupakan salah satu yang disiapkan untuk menampung pasien virus corona (Covid-19) bila rumahsakit yang ada tidak mampu menampung pasien.

"Pulau Galang sudah 60% lebih, Insya Allah akhir Maret ini selesai," ujar Direktur Jenderal Cipta Karya Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Danis Sumadilaga saat dihubungi Kontan.co.id, Senin (23/3).

Baca Juga: Ada pembebasan impor, Kemenkes datangkan 3 pesawat Hercules berisi alat kesehatan

Fasilitas dasar untuk rumahsakit yang dulu digunakan oleh tentara Vietnam itu dinilai sudah lengkap. Sarana air bersih telah siap begitu juga listrik yang akan digunakan.

Selain rumahsakit Pulau Galang, pemerintah juga telah menyiapkan Wisma Atlet sebagai rumahsakit darurat. Kapasitas Wisma Atlet bisa mencapai 3.000 pasien.

"Sementara dua itu yang disiapkan oleh Kementerian PUPR," terang Danis.

Meski begitu, pemerintah bisa berinisiatif untuk membuat rumah sakit darurat lainnya. Hal itu dalam rangka antisipasi bila terjadi penambahan pasien.

Asal tahu saja, sebelumnya terdapat perkiraan kemungkinan kasus positif Covid-19 di Indonesia bisa mencapai 700.000 kasus. Pemeriksaan cepat atau rapid test yang dilakukan pemerintah juga bisa membuat lonjakan kasus positif saat ini.

Baca Juga: Satu karyawan Pertamina Hulu Mahakam positif virus corona selepas dinas ke Jakarta

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×