kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ451.007,64   -3,10   -0.31%
  • EMAS988.000 -0,60%
  • RD.SAHAM -0.20%
  • RD.CAMPURAN 0.04%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.12%

Pelonggaran PPKM dan diskon harga mengangkat pertumbuhan penjualan eceran Oktober


Jumat, 10 Desember 2021 / 13:13 WIB
Pelonggaran PPKM dan diskon harga mengangkat pertumbuhan penjualan eceran Oktober
ILUSTRASI. Penjualan Ritel Membaik: Suasana sebuah supermarket di Tangerang Selatan, Rabu (13/10).


Reporter: Bidara Pink | Editor: Wahyu T.Rahmawati

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Kinerja penjualan berbalik tumbuh positif pada bulan Oktober 2021, setelah pada bulan sebelumnya turun. Berdasarkan survei penjualan eceran Bank Indonesia (BI), ini terlihat dari Indeks Penjualan Riil (IPR) pada Oktober 2021 yang sebesar 195,5 atau secara bulanan tumbuh 3,2% mom dari bulan sebelumnya yang tercatat 188,5. 

Direktur Eksekutif, Kepala Departemen Komunikasi BI Erwin Haryono mengatakan, peningkatan penjualan eceran ini seiring dengan pelonggaran pembatasan aktivitas dan kasus Covid-19 yang melandai. 

“Peningkatan penjualan eceran sejalan dengan meningkatnya aktivitas masyarakat, didukung kelancaran distribusi dan masih berlangsungnya program potongan harga,” ujar Erwin dalam laporannya, Jumat (10/12). 

Baca Juga: BI siapkan uang tunai Rp 115,2 triliun pada Natal dan Tahun Baru

Erwin kemudian memerinci, penjualan pada mayoritas kelompok komoditas meningkat dengan peningkatan tertinggi pada kelompok Perlengkapan Rumah Tangga Lainnya yang tumbuh 3,6% mom dan Suku Cadangan dan Aksesori Mobil yang tumbuh 4,0% mom. 

Peningkatan juga tercatat pada subkelompok Sandang yang tumbuh 11,5% mom serta kelompok Makanan, Minuman, dan Tembakau yang naik 3,0% mom. 

Secara tahunan, penjualan eceran tercatat tumbuh 6,5% yoy. Mayoritas kelompok mencatatkan perbaikan kinerja penjualan eceran, meski masih terdapat beberapa kelompok yang terkontraksi. 

Peningkatan antara lain terjadi pada Kelompok Makanan, Minuman, dan Tembakau yang tumbuh 14,5% yoy, serta Bahan Bakar Kendaraan Bermotor yang tumbuh 29,4% yoy sejalan dengan pelonggaran PPKM di berbagai daerah. 

Baca Juga: Gubernur BI beberkan rencana insentif makroprudensial di sektor ekonomi hijau

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU

[X]
×