kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45938,93   0,00   -0.00%
  • EMAS932.000 0,00%
  • RD.SAHAM -0.50%
  • RD.CAMPURAN -0.14%
  • RD.PENDAPATAN TETAP -0.06%

PBNU keluarkan surat edaran, imbau umat Islam salat Idul Adha di rumah


Senin, 19 Juli 2021 / 14:50 WIB
PBNU keluarkan surat edaran, imbau umat Islam salat Idul Adha di rumah
ILUSTRASI. PBNU mengeluarkan surat edaran yang menimbau umat Islam beribadah Idul Adha di rumah

Sumber: Kompas.com | Editor: Khomarul Hidayat

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) mengimbau seluruh umat Islam khususnya Nahdliyin untuk melaksanakan ibadah Hari Raya Idul Adha 1442 Hijriah/ 2021 Masehi di rumah masing-masing.

Imbauan tersebut tertuang dalam Surat Edaran (SE) Nomor 4162/C.I.34/07/2021 yang ditanda tangani oleh Ketua Umum PBNU Said Aqil Sirajd, Sekretaris Jenderal Hemly Faishal Zaini, Pejabat Rais Aam Miftahcul Akhyar dan Khatib Aam Yahya Cholil Staquf.

"Kepada seluruh umat Islam dan warga Nahdlatul Ulama dalam menyambut dan melaksanakan ibadah Idul Adha 1442 Hijriah beserta seluruh rangkaian kegiatannya di rumah masing-masing bersama keluarga inti dengan hikmat," demikian isi surat edaran tersebut yang dikutip Kompas.com, Senin (19/7).

Baca Juga: Kasus corona masih tinggi, masyarakat dihimbau lakukan ibadah Idul Adha di rumah

PBNU juga mengimbau agar umat Islam berdoa pada Allah SWT agar pandemi Covid-19 ini bisa segera teratasi. Kemudian, PBNU juga meminta umat islam tidak melakukan mudik Idul Adha selama masih diberlakukannya pembatasan pemberlakuan kegiatan masyarakat (PPKM) darurat.

"Agar tidak melakukan kegiatan berpergian ke luar daerah ataupun mudik ke kampung halaman," dikutip dari surat edaran tersebut.

Sebelumnya, Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas juga meminta masyarakat untuk membatasi mobilitas dan tidak mudik saat Hari Raya Idul Adha.

Hal itu perlu dilakukan karena Indonesia saat ini sedang mengalami gelombang kedua pandemi Covid-19. "Kesadaran dan partisipasi masyarakat untuk menjaga diri dan membatasi kegiatan sangat penting dalam mencegah penyebaran Covid-19, terlebih dengan adanya varian Delta," kata Yaqut melalui keterangan tertulis, Jumat (16/7/2021).

"Kami minta masyarakat bersabar dan tidak mudik Idul Adha tahun ini. Lindungi diri, keluarga dan orang di sekitar kita dari bahaya virus Covid-19," ujar dia.

Baca Juga: Begini aturan pembatasan kegiatan selama Idul Adha

Penulis : Sania Mashabi
Editor : Diamanty Meiliana

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "PBNU Imbau Umat Islam Lakukan Ibadah Idul Adha di Rumah Masing-masing".

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU
Kontan Academy
UU Kepailitan Tuntas Mendelegasikan Tugas

[X]
×