kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.347.000 0,15%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Pastikan Stok Beras Cukup, Bulog: Masyarakat Tak Perlu Khawatir


Senin, 03 Oktober 2022 / 17:55 WIB
Pastikan Stok Beras Cukup, Bulog: Masyarakat Tak Perlu Khawatir
Direktur Utama Perum Bulog, Budi Waseso bersama Menteri Perdagangan Zulkufli Hasan melakukan sidak ke pasar induk beras Cipinang, Jakarta Timur (3/10/2022).


Reporter: Ratih Waseso | Editor: Herlina Kartika Dewi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Badan Urusan Logistik (Bulog) meminta masyarakat tak khawatir akan ketersediaan beras. Sebagai buffer stok cadangan beras pemerintah Bulog menjamin kebutuhan beras tersedia di masyarakat dengan harga terjangkau walau di pasaran ada sedikit kenaikan harga.

“Masyarakat jangan khawatir, Bulog punya stok beras yang cukup untuk program Operasi Pasar yang sudah berjalan lancar sepanjang tahun ini, dan sekarang Operasi Pasar ini makin kami masifkan di seluruh Indonesia," kata Direktur Utama Perum Bulog, Budi Waseso ditemui di Pasar Induk Cipinang Jakarta Timur, Senin (3/10).

Bulog kini tengah fokus pada upaya intervensi stabilitas harga beras di masyarakat. Maka Bulog berupaya maksimal dalam pelaksanaan program stabilisasi tersebut tanpa ada unsur kepentingan apapun.

Baca Juga: Pemerintah Klaim Stok Beras Aman dan Harga Terjangkau

“Kami juga melakukan pemantauan harga secara terus menerus di tengah situasi saat ini dan melibatkan semua stakeholder terkait termasuk Satgas Pangan”, tambahnya.

Operasi pasar atau program ketersediaan pasokan dan stabilisasi harga (KPSH) yang dilakukan sepanjang tahun diklaim efektif menjaga stabilitas harga beras di tingkat konsumen.

Kepala Badan Pangan Nasional Arief Prasetyo Adi mengatakan kondisi cadangan beras pemerintah (CBP) di Perum Bulog saat ini masih sekitar 800.000 ton. Jumlah ini lebih rendah dari CBP saat kondisi normal yakni 1,2 juta ton hingga 1,5 juta ton.

Untuk itu, Badan Pangan Nasional atau National Food Agency (NFA) meminta Perum Bulog untuk meningkatkan CBP hingga akhir tahun nanti.

"Jadi kita tidak diam, kita akan top up stoknya Bulog sampai 1,2 juta ton," kata Arief.

Baca Juga: Cadangan Beras Pemerintah 800.000 Ton, Badan Pangan Nasional Dorong Serapan Bulog

Sekretaris Perusahaan Perum Bulog Awaludin Iqbal dihubungi Kontan.co.id terpisah mengatakan sampai dengan sekarang jumlah realisasi penyaluran CBP untuk KPSH telah mencapai 665.000 ton.

"Penyaluran sudah 665.000 ton ini per bulan sekarang awal Oktober. Kita update terus," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP) Negosiasi & Mediasi Penagihan yang Efektif Guna Menangani Kredit / Piutang Macet

[X]
×