kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45963,73   -4,04   -0.42%
  • EMAS1.315.000 0,38%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Pasangan Anies-Muhaimin Resmi Daftar Bakal Capres-Cawapres ke KPU


Kamis, 19 Oktober 2023 / 10:47 WIB
Pasangan Anies-Muhaimin Resmi Daftar Bakal Capres-Cawapres ke KPU
ILUSTRASI. Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar resmi mendaftar ke KPU RI sebagai bakal capres-cawapres.


Sumber: Kompas.com | Editor: Herlina Kartika Dewi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar resmi mendaftar ke KPU RI sebagai bakal calon presiden dan wakil presiden (capres-cawapres) yang diusung Koalisi Perubahan (Nasdem, PKS, PKB), Kamis (19/10). 

Anies dan Muhaimin masuk ke kantor KPU RI sekitar pukul 10.00 WIB didampingi para ketua umum partai politik pengusung, menemui jajaran pimpinan KPU RI. 

Di lantai 2 kantor yang beralamat di Jalan Imam Bonjol itu, mereka menyerahkan dokumen persyaratan pendaftaran bakal capres-cawapres ke KPU RI. 

Dalam sambutannya, "king maker" koalisi ini, Surya Paloh, menyampaikan harapan bahwa KPU RI independen di tengah kontestasi. 

Baca Juga: Cak Imin Kenakan Kemeja Putih Saat Daftar Capres-Cawpares ke KPU, Ini Alasannya

"Kami yakin dan percaya ini akan bisa kami capai ketika saudara-saudara kami, yang menjadi harapan rakyat dan bangsa ini, yaitu Komisi Pemilihan Umum, berdiri tegak di atas semua kepentingan kelompok dan golongan maupun partai-partai peserta pemilu," ujar Paloh yang juga Ketua Umum Partai Nasdem tersebut. 

"Sejujurnya Mas Hasyim (Asy'ari, Ketua KPU RI), kalau ditanya kepada saya personal, karena kita kenal satu sama lain, saya percaya kepada KPU kita yang ada di tempat ini," tambahnya. 

Sementara itu, dalam sambutannya, Anies berterima kasih sudah diterima KPU RI, walaupun kedatangan mereka molor hampir 2 jam dari jadwal yang dijanjikan, karena membeludaknya jalan yang dipenuhi simpatisan mereka. 

"Terima kasih kepada KPU dan Bawaslu yang sudah menerima kami untuk mendaftar di hari pertama ini."  

"Kami inginnya datang jam 08.00, tapi karena lalu lintas macet, kami mohon maaf datang terlambat. Kami datang dengan bawa dokumen lengkap. Kami membawa misi besar, semoga kami bisa mengemban amanat ini," ujar Anies. 

Setelah mendaftar, Anies-Muhaimin dijadwalkan menjalani pemeriksaan kesehatan menyeluruh yang difasilitasi KPU RI pada Sabtu (21/10) di RSPAD Gatot Subroto, Jakarta. 

Baca Juga: Ada Pendaftaran Capres Cawapres, Ini Rute Pengalihan Arus Lalu Lintas Jakarta

Sejalan dengan itu, KPU RI akan melakukan pemeriksaan/verifikasi terkait dokumen persyaratan pendaftaran yang diserahkan pada hari ini. 

Jika ada dokumen yang tidak memenuhi kelengkapan, KPU RI mempersilakan bakal capres-cawapres dan tim untuk menyerahkan dokumen perbaikan pada 26 Oktober hingga 1 November 2023. 
Dokumen perbaikan itu akan diverifikasi kembali sampai 2 November 2023 dan diberi tahu hasilnya pada 3 November 2023. 

Jika bakal capres-cawapres masih tidak memenuhi syarat, maka partai politik pengusung harus mengusulkan calon pengganti dengan tenggat 8 November 2023. 

Bakal calon pengganti akan menjalani pemeriksaan kesehatan menyeluruh dan diverifikasi dokumen persyaratannya sampai 12 November 2023 oleh KPU RI. 
Selanjutnya, KPU RI akan menetapkan pasangan capres-cawapres secara resmi pada 13 November 2023 dan mengundi nomor urut mereka keesokan harinya.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com berjudul: "Anies-Muhaimin Resmi Daftar Bakal Capres-cawapres ke KPU RI"

Selanjutnya: 8 Ciri-ciri Kanker Payudara yang Perlu Diwaspadai, dan 6 Cara Lakukan SADARI

Menarik Dibaca: Promo BOGA Anniversary ke-21, Pepper Lunch Diskon 50% Edisi 18-22 Oktober 2023

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Negosiasi & Mediasi Penagihan yang Efektif Guna Menangani Kredit / Piutang Macet Using Psychology-Based Sales Tactic to Increase Omzet

[X]
×