Close | x
kontan.co.id
| : WIB | INDIKATOR |
  • USD/IDR15.205
  • SUN90,77 -0,26%
  • EMAS623.158 -0,48%

Para tokoh internasional ini puji pidato "Game of Thrones" Jokowi

Jumat, 12 Oktober 2018 / 22:24 WIB

Para tokoh internasional ini puji pidato
ILUSTRASI. Presiden Jokowi saat sesi pleno Pertemuan Tahunan IMF - World Bank



Berita Terkait

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Pidato Presiden Joko Widodo dalam pertemuan tahunan IMF-Bank Dunia pada Jumat (12/10) pagi, di Bali, menuai banyak pujian dari tokoh-tokoh internasional.

Pasalnya, Jokowi menganalogikan keadaan ekonomi dunia dengan serial televisi Game of Thrones. Ia menyebut, pertarungan yang dilakukan Great Houses memperebutkan The Iron Thrones, sama halnya dengan persaingan negara-negara di dunia untuk mencapai kemakmuran ekonominya negaranya.


"Namun, yang mereka lupa, saat Great House bertarung satu sama lain, mereka tidak sadar adanya ancaman besar dari utara, adanya Evil Winter yang ingin merusak dan menyelimuti seluruh dunia dengan kehancuran," kata Jokowi.

Evil Winter yang dimaksud Jokowi adalah permasalahan besar yang mengancam semua negara, namun keberadaanya kurang mendapat perhatian. Permasalahan itu misalnya perubahan iklim, pemanasan global, sampah plastik, dan sebagainya.

"Dengan adanya kekhawatiran ancaman Evil Winter tersebut, akhirnya mereka sadar tidak penting siapa yang duduki The Iron Throne, yang penting adalah kekuatan bersama untuk mengalahkan Evil Winter," ucap Jokowi.

Sejumlah pejabat internasional pun memuji pidato yang disampaikan oleh Joko Widodo. Berikut enam orang di antaranya:

1. Duta Besar Belanda, Rob Swartbol

Duta Besar Belanda untuk Indonesia, Rob Swartbol, mengunggah sebuah kicauan yang berisi pujian untuk Presiden Jokowi di akun Twitter @robswartbol. Ia menyebut pidato Jokowi dalam melawan perang dagang dunia disampaikan dengan sangat baik.

2. Duta Besar Hongaria, Judit Pach

Selanjutnya adalah Duta Besar Hongaria untuk Indonesia, Timor Leste, dan ASEAN, Judit Pach. Melalui twitnya di akun @DubesHongaria, Pach setuju dengan yang yang disampaikan Jokowi, yaitu kerja sama dan kolaborasi lebih penting daripada apa pun.

3. Duta Besar Denmark, Rasmus A. Kristensen

Duta Besar Denmark untuk Indonesia, Timor Leste, Papua Niugini, dan ASEAN, Rasmus A Kristensen, juga tak ketinggalkan menyampaikan pujiannya melalui akun Twitter @DubesDenmark. Ia menggambarkan suasana peserta acara yang memberikan standing ovation sesaat Presiden Jokowi menyampaikan pidato dengan analogi kisah Game of Thrones.

4. Direktur IMF, Martin Mühleisen

Berikutnya, Direktur IMF, Mertin Mühleisen memuji Jokowi telah menyampaikan pidato yang luar biasa di hadapan komunitas global. Hal itu ia sampaikan melalui akun Twitter @muhleisen pada Jumat pagi.

5. Direktur Eksekutif Bank Dunia, Frank Heemskerk

Direktur Eksekutif, Frank Heemskerk memuji pidato Joko Widodo. Heemskerk menyebut Jokowi menggunakan humor dan kalimat-kalimat provokatif untuk menggambarkan keadaan dunia yang dipenuhi persaingan ekonomi.

6. Direktur Eksekutif IMF, Anthony De Lannoy

Terakhir, pujian disampaikan Direktur Eksekutif IMF, Anthony De Lannoy. Melalui akun Twitter @A_De_Lannoy ia menyebut pidato mantan Gubernur DKI Jakarta itu sangat menginspirasi.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "6 Pejabat Internasional Puji Pidato "Game of Thrones" ala Jokowi"

Sumber : Kompas.com
Editor: Narita

IMF-WORLD BANK 2018

TERBARU
Seleksi CPNS 2018
KONTAN TV
Hubungi Kami
Redaksi : Gedung KONTAN,
Jalan Kebayoran Lama No. 1119 Jakarta 12210.
021 5357636/5328134
moderator[at]kontan.co.id
Epaper[at]kontan.co.id
Iklan : Gedung KOMPAS GRAMEDIA Unit 2
Lt 2 Jl. Palmerah selatan 22-28
Jakarta Selatan 10740.
021 53679909/5483008 ext 7304,7306
2018 © Kontan.co.id All rights reserved
Sitemap | Profile | Term of Use | Pedoman Pemberitaan Media Siber | Privacy Policy

diagnostic_api_kiri = 0.0004 || diagnostic_api_kanan = 0.0521 || diagnostic_web = 0.3230

Close [X]
×