kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45901,96   -1,37   -0.15%
  • EMAS1.310.000 -0,23%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

PAN Menawarkan dan Mempromosikan Erick Thohir Jadi Cawapres


Selasa, 09 Mei 2023 / 16:00 WIB
PAN Menawarkan dan Mempromosikan Erick Thohir Jadi Cawapres
ILUSTRASI. Presiden Jokowi didampingi Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Menteri BUMN Erick Thohir, dan Mendag Zulkifli Hasan bertolak menuju Provinsi Lampung dalam rangka kunjungan kerja, Jumat (05/05/2023) melalui Pangkalan TNI AU Halim Perdanakusuma, Jakarta.


Sumber: Kompas.com | Editor: Yudho Winarto

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Wakil Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) Viva Yoga Mauladi mengakui bahwa partainya tengah berkomunikasi dengan Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam rangka menawarkan Menteri BUMN Erick Thohir sebagai bakal calon wakil presiden (cawapres) untuk Pemilu 2024.

Yoga berharap, Erick Thohir menjadi cawapres seperti yang diinginkan partainya. "PAN menawarkan dan mempromosikan Mas Erick Thohir menjadi calon wapres. Masih dalam proses komunikasi," kata Yoga kepada Kompas.com, Selasa (9/5/2023).

Namun demikian, Yoga tak menjawab ketika ditanya kemungkinan Erick Thohir bakal mendampingi Ganjar Pranowo yang sudah diusung PDI-P sebagai calon presiden (capres) 2024. "Semoga saja bisa terwujud (Erick Thohir cawapres)," ucap Yoga.

Baca Juga: Jubir PAN: Banyak Aspirasi Internal di Daerah Dukung Ganjar Sebagai Capres 2024

Juru Bicara PAN ini mengatakan, Erick Thohir, Ketua Umum PAN yang juga Menteri Perdagangan, memiliki kedekatan dengan Presiden Jokowi. Keduanya kerap berada dalam satu kegiatan bersama Presdien Jokowi.  

Menurut Yoga, keakraban antara Zulhas, Erick dan Jokowi adalah hal yang wajar. Namun demikian, Yoga belum melihat hal itu sebagai lobi-lobi komunikasi untuk menawarkan Erick sebagai cawapres pada Jokowi.

"Kalau Bang Zulkifli Hasan dan Mas Erick Thohir akrab dan nempel kayak perangko dengan presiden ya wajar saja karena mereka adalah menteri yang membantu tugas presiden di pemerintahan," nilai dia.

Sebelumnya diberitakan, Jokowi memang menyebutkan sejumlah nama kandidat bakal cawapres pendamping Ganjar Pranowo. Ada tujuh nama yang disebut, seperti, Menteri BUMN Erick Thohir, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno, Menko Polhukam Mahfud MD.

Kemudian, ada pula Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar, Menko Perekonomian Airlangga Hartarto dan Ketum Gerindra Prabowo Subianto. Hal itu disampaikan Jokowi pada momen hari pertama Idulfitri, usai menunaikan Salat Ied di Solo, Sabtu (22/4/2023).

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "PAN Akui Komunikasi dengan Jokowi, Tawarkan Erick Thohir Jadi Cawapres "

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Practical Business Acumen

[X]
×