kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45958,48   -0,47   -0.05%
  • EMAS1.033.000 0,49%
  • RD.SAHAM -0.04%
  • RD.CAMPURAN -0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP -0.01%

Pada Juli 2023, BNPB Sebut Seluruh Rumah Rusak di Cianjur Selesai Diperbaiki


Kamis, 08 Desember 2022 / 23:10 WIB
Pada Juli 2023, BNPB Sebut Seluruh Rumah Rusak di Cianjur Selesai Diperbaiki
ILUSTRASI. Kepala BNPB Suharyanto memberikan keterangan pers mengenai update gempa bumi Garut (3/12) di Posko Penanganan Gempa Bumi Cianjur.


Sumber: Kompas.com | Editor: Yudho Winarto

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Suharyanto berharap, seluruh rumah rusak yang terdampak gempa Cianjur sudah selesai diperbaiki pada Juni-Juli 2023. Pihaknya sudah membuat jadwal perencanaan untuk merehab keseluruhan rumah tersebut.

"BNPB sudah membuat timeline pelaksanaan rehab rumah terdampak ini, khususnya untuk masyarakat. Harapan kami di Juni atau Juli 2023 ini semuanya sudah selesai diperbaiki," ujar Suharyanto dilansir dari siaran pers Sekretariat Presiden pada Kamis (8/12/2022).

Adapun secara keseluruhan ada 53.408 rumah rusak terdampak gempa bumi di Kabupaten Cianjur. Dari jumlah tersebut, sekitar 8.000-an rumah rusak sudah selesai diverifikasi.

Pada Kamis, Presiden Joko Widodo telah menyerahkan bantuan ganti rugi pembangunannya secara langsung. Presiden Jokowi juga telah meninjau rumah tahan gempa yang nantinya bisa jadi rujukan warga dalam membangun kembali rumah mereka.

Baca Juga: Pemerintah Serahkan 8.100 Bantuan Perbaikan Rumah Korban Gempa, Nilai Bantuan Naik

Suharyanto menuturkan rumah contoh tersebut merupakan salah satu skema untuk perbaikan rumah warga terdampak gempa Cianjur. Nantinya ada dua skema perbaikan rumah yang disediakan pemerintah.

"Yang pertama kalau memang yang punya rumah itu mampu dia bisa mengerjakan sendiri dan didampingi supaya rumah yang diperbaiki tetap tahan gempa," kata Suharyanto.

"Yang kedua, kalau ingin menyerahkan kepada pemerintah nanti ada TNI dan pihak ketiga, ada rumah contoh, beberapa rumah contoh sudah dibangun dan nanti yang akan dilihat Bapak Presiden di Yonif 300 Raider," lanjutnya.

Rumah contoh tahan gempa tersebut memiliki spesifikasi berupa pondasi lajur batu kali dengan struktur baja CNP dibungkus mortar. Dindingnya menggunakan bata ringan yang diaci serta dicat. Kusen dan rangka atapnya memakai baja ringan.

Baca Juga: 2 Gempa Terkini Guncang Sukabumi, Getaran Terasa di Lampung, Jakarta, Bandung

Sebelumnya, rumah tersebut pernah dibangun sebagai hunian tetap tahan gempa di Kabupaten Luwu Utara, Provinsi Sulawesi Selatan.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "BNPB Targetkan Seluruh Rumah Rusak di Cianjur Selesai Perbaikannya Juli 2023"

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU

[X]
×