kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45889,80   -6,05   -0.68%
  • EMAS1.327.000 0,15%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Otorita IKN dan ADB Institute Teken MoU Kerja Sama Berbagi Pengetahuan


Kamis, 04 Mei 2023 / 11:48 WIB
Otorita IKN dan ADB Institute Teken MoU Kerja Sama Berbagi Pengetahuan
ILUSTRASI. Otorita Ibu Kota Nusantara tandatangani MoU dengan ADB Institute untuk meningkatkan kerja sama berbagi pengetahuan


Reporter: Vendy Yhulia Susanto | Editor: Herlina Kartika Dewi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Otorita Ibu Kota Nusantara (OIKN) tandatangani nota kesepahaman (MoU) untuk meningkatkan kerja sama berbagi pengetahuan, penelitian, dan pengembangan bersama Asian Development Bank Institute (ADBI).

MoU ini ditandatangani di Incheon, Korea Selatan oleh Kepala OIKN Bambang Susantono dan Dean and CEO ADB Institute Tetsushi Sonobe, pada Rabu (3/5).

“Kerja sama dengan ADB Institute akan membantu kami dalam memperluas jaringan kerja sama dan meningkatkan kapasitas untuk mewujudkan Ibu Kota Nusantara yang cerdas dan berkelanjutan,” kata Kepala OIKN Bambang Susantono dalam keterangan tertulisnya, Kamis (4/5).

Sementara itu, Dean and CEO ADB Institute Tetsushi Sonobe, menyambut baik kerja sama ini. ADB Institute siap memberikan dukungan dan berbagi pengalaman.

Baca Juga: Sebanyak 182 Investor Minat Berinvestasi di IKN

"Kami percaya bahwa kolaborasi ini dapat mendorong pertumbuhan yang berkelanjutan, inklusif, dan tangguh," ujar Tetsushi.

Penandatanganan MoU ini menandai dimulainya kerja sama bagi kedua belah pihak dalam memperkuat hubungan kerja sama strategis dalam bidang pengetahuan.

Adapun ruang lingkup kegiatan kerja sama ini seperti antara lain, pertama, organisasi dan co-sponsor dalam acara-acara bersama, lokakarya dan/atau fasilitasi kegiatan seperti peningkatan kapasitas dan pelatihan untuk mengatasi isu-isu pembangunan.

Kedua, mendorong penelitian tentang isu-isu strategis seperti menciptakan kota layak huni, tujuan pembangunan berkelanjutan, kesetaraan gender, pembangunan pedesaan dan ketahanan pangan. Serta isu tentang tata kelola dan kapasitas kelembagaan di tingkat sub-nasional, ketahanan bencana, perubahan iklim, dan lain-lain.

Ketiga, melakukan publikasi bersama, seperti publikasi jurnal akademik, buku, laporan, dan blog, serta kemungkinan keluaran e-learning, episode podcast, laporan, dan produk pengetahuan dan lainnya.

Tak hanya itu, dalam perjanjian ini OIKN dan ADB Institute akan berkolaborasi dalam hal pembiayaan yang berkaitan dengan berbagai kegiatan tersebut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Success in B2B Selling Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

[X]
×