kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.347.000 0,15%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Operasional Sub-Terminal 1A Bandara Soekarno-Hatta Dievaluasi Setelah Arus Balik


Jumat, 06 Mei 2022 / 16:43 WIB
Operasional Sub-Terminal 1A Bandara Soekarno-Hatta Dievaluasi Setelah Arus Balik
ILUSTRASI. Petugas memeriksa tiket elektronik calon penumpang pesawat di Terminal 1 A Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Banten, Kamis (14/4/2022).


Sumber: Kompas.com | Editor: Wahyu T.Rahmawati

KONTAN.CO.ID - TANGERANG. Pengelola Bandara Soekarno-Hatta, Kota Tangerang, akan mengevaluasi operasional Sub-Terminal 1A setelah puncak arus balik Lebaran 2022. Puncak arus balik di Bandara Soekarno-Hatta diprediksi terjadi pada 7-9 Mei 2022.

Adapun Sub-Terminal 1A diaktifkan pada 1 April 2022 untuk mendukung kelancaran angkutan Lebaran, baik arus mudik maupun balik. "Untuk Sub-Terminal 1A ini, kami tetap melakukan evaluasi. Kalau sampai hari ini kami tetap mengoperasikannya," ujar Senior Manager Branch Communication and Legal Bandara Soekarno-Hatta, M Holik Muardi, Jumat (6/5).

Evaluasi dilakukan untuk menentukan apakah terminal tersebut akan tetap difungsikan setelah arus balik Lebaran. Saat ini, kata Holik, Sub-Terminal 1A tetap digunakan karena jumlah pergerakan penumpang terus meningkat.

Baca Juga: Pada Puncak Arus Balik, 150.000 Penumpang Diprediksi Padati Bandara Soekarno-Hatta

Namun, jika jumlah pergerakan pesawat dan penumpang menurun, pihak bandara berencana menutup operasional Sub-Terminal 1A. Hal itu guna mengefektifkan serta mengefisienkan operasional Bandara Soekarno-Hatta secara keseluruhan. "Jadi artinya kami harus dinamis untuk melihat situasi kapan kami harus buka, kapan kami akan tutup (Sub-Terminal 1A)," sebut Holik.

Rencananya, jika jumlah penumpang terus meningkat, pihaknya hendak terus mengoperasikan sub-terminal itu. Kemudian, Sub-Terminal 1B juga akan kembali diaktifkan jika penumpang mencapai 140.000-150.000 penumpang per hari selama puncak arus mudik Lebaran.

"Jadi lihat situasinya, kalau memang jumlah penumpang naik, bahkan kita sudah siapkan Sub-Terminal 1B," ujar dia.

Baca Juga: Total Pemudik Angkutan Umum Capai 7,2 Juta Hingga H+1

Sub-Terminal 1A telah diaktifkan sebelum masa arus mudik Lebaran untuk mengantisipasi lonjakan jumlah penumpang. Pengaktifan kembali terminal itu juga untuk mengurai kepadatan di Terminal 2.

Maskapai yang kini beroperasi di Sub-Terminal 1A adalah Super Air Jet, Sriwijaya Air, Nam Air, Air Asia, dan Airfast. Menurut Holik, beban di Terminal 2 dan 3 di Bandara Soekarno-Hatta berkurang setelah Sub-Terminal 1A diaktifkan.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul Operasional Sub-Terminal 1A Bandara Soekarno-Hatta Dievaluasi Setelah Arus Balik.
Penulis: Muhammad Naufal
Editor: Kristian Erdianto

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP) Negosiasi & Mediasi Penagihan yang Efektif Guna Menangani Kredit / Piutang Macet

[X]
×