kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45903,33   4,58   0.51%
  • EMAS1.313.000 -0,38%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Nasdem janji perkuat industri domestik


Sabtu, 05 April 2014 / 12:11 WIB
Nasdem janji perkuat industri domestik
ILUSTRASI. Rp 972.000 per gram. REUTERS/Issei Kato


Reporter: Noverius Laoli | Editor: Hendra Gunawan

JAKARTA. Partai Nasional Demokrat (Nasdem) mengatakan serius mempersiapkan platform ekonomi. Saat ini, Nasdem mengandeng sejumlah ekonom dan profesional lainnya masuk menjadi anggota partai. Mereka antara lain adalah Anthony Budiman yang saat ini menjabat sebagai Ketua Bidang Ekonomi dan Moneter Nasdem.

Fungsionaris DPP Nasdem Despen Ompusunggu, mereka menggandeng Anthony dan Pengamat Energi Kurtubi lantaran mereka merupakan profesional di bidang masing-masing. Anthony dinilai memiliki kemapuan dalam mengodok program ekonomi Nasdem dan Kurtubi dinilai memiliki kemampuan merancang program energi Nasdem.

"Pak Anthony dan Kurtubi adalah Ketua DPP Partai Nasdem. Mereka adalah kaum profesional dan ahli di bidangnya. Dengan posisi mereka itu, maka mereka bisa merancang program ekonomi dan energi partai yang lebih kapabel," ujarnya.

Dengan masuknya kaum profesional itu di tubuh partai bentukan Surya Paloh tersebut, Nasdem ingin menunjukkan kepada publik, bahwa Nasdem serius mengodok program ekonomi dan energi mereka. Terkait hal ini, Antony mengatakan ia bertugas merancang untuk memperkuat program ekonomi Nasdem yang berbasiskan industri dalam negeri. Tujuannya adalah untuk membuat agar neraca perdagangan Indonesia yang selama ini defisit bisa positif kembali.

Ia mengatakan Nasdem akan fokus dalam meningkatkan pembangunan industri domestik di segala lini. "Jadi kita akan membangun industri secara holistik dari hilir ke hulu," ujarnya kepada KONTAN, Rabu (2/4).

Artinya, bagaimana industri bisa beroperasi dengan mengandalkan kekuatan domestik, yakni mulai dari bahan mentah sampai dengan pemasarannya. Dengan memperkuat industri dalam negeri dan mengandalkan sumber daya yang ada di dalam negeri, maka Nasdem optimis bisa memperkuat ekonomi nasional.

Dalam menjalankan program itu, Nasdem akan memproteksi pembangunan industri domestik dengan berbagai cara. Salah satunya adalah memberikan stimulus bagi investor lokal seperti pengurangan pajak. "Intinya, Nasdem akan menstimulasi agar investasi dalam negeri bisa bertambah," tandasnya.

Kemudian, lanjut Anthony, Nasdem juga akan fokus membangun infrastruktur dan memberikan kepastian hukum dalam medorong pertumbuhan ekonomi. Dengan pembangunan infrastruktur dan kepastian hukum, maka diharapkan para investor asing akan bersedia menanamkan modalnya untuk membangun industri di Indonesia.

Anthony bilang, Nasdem juga merancang agar kebutuhan utama pangan bisa diproduksi dalam negeri dan tidak lagi dari impor seperti yang terjadi selama ini. Salah satunya caranya adalah dengan memberikan kepastian harga pada petani. Peran Bulog akan dimaksimalkan sebagai stabilisator harga pertanian. Dengan demikian, para petani mau menanam pagi dan kebutuhan pokok lainnya tanpa khawatir akan merugi akibat harga yang tidak menentu.

Berikut adalah tim ekonomi Partai Nasdem: Anthony Budiawan sebagai Ketua DPP Bidang Ekonomi dan Moneter, Benny Kisworo sebagai Ketua Departemen Ekonomi dan Moneter, dan Nurul Husnah Fauziah sebagai Anggota Departemen Ekonomi dan Moneter.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×