kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45956,61   8,16   0.86%
  • EMAS1.017.000 0,30%
  • RD.SAHAM -0.04%
  • RD.CAMPURAN -0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP -0.01%

Nama Anies Baswedan Mencuat Jelang Pengumuman Calon Presiden 2024 dari Partai Nasdem


Senin, 03 Oktober 2022 / 06:27 WIB
Nama Anies Baswedan Mencuat Jelang Pengumuman Calon Presiden 2024 dari Partai Nasdem
ILUSTRASI. Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan Rabu (24/7/2019). Nama Anies Baswedan mencuat jelang pengumuman calon presiden 2024 dari Partai Nasdem. ANTARA FOTO/Fauzi Lamboka/wpa/wsj.


Reporter: Syamsul Ashar | Editor: Syamsul Azhar

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Nama Anies Baswedan kembali disebut sebut bakal menjadi calon presiden 2024

Nama Anies Rasyid Baswedan ini mencuat seiring dengan agenda Partai Nasional Demokrat yang hari ini dijadwalkan akan mengumumkan nama calon presiden yang akan mereka usung pada pemilu presiden 2024.

"Kami informasikan bahwa Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Nasdem akan mengumumkan dan mendeklarasikan Calon Presiden yang bakal diusung pada Pilpres 2024 mendatang," kata Dadi Sumaatmadja Kepala Media Center DPP Nasdem melalui surat kepada media massa pekan lalu.

Menurut Dedi pengumuman dan deklarasi calon presiden 2024 dari Partai Nasdem tersebut akan dilaksanakan pada hari ini Senin, 3 Oktober 2022 pukul  09.00 WIB. 

Baca Juga: Anies Baswedan Raih Dukungan dari Majelis Warga untuk Maju Capres 2024

Adapun tempat pengumuman dan deklarasi calon presiden 2024 dari Partai Nasdem rencananya akan di gelar di Nasdem Tower, Jl. RP Soeroso, Gondangdia, Jakarta Pusat.

Hanya saja Dedi tidak memperinci apakah calon presiden 2024 dari Partai Nasdem akan menghadiri deklarasi tersebut.

Dedi juga tidak menyebutkan, siapa nama calon presiden 2024 yang akan diusung oleh Partai Nasdem pada Pemilu Presiden 2024 mendatang. 

Sekadar informasi menurut jadwal yang telah disepakati antara DPR RI dengan Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI, pendaftaran dan pemilihan capres cawapres akan dilakukan lebih awal, yakni pada 19 Oktober 2023-25 November 2023 atau kurang lebih satu tahun mendatang.

Baca Juga: Survei SMRC: Pemilih PDI-P Bertambah 10% Jika Usung Anies Baswedan Sebagai Capres

Sedangkan proses pemilihan calon presiden (Capres) dan calon wakil presiden (Cawapres) menurut rencana akan digelar pada 14 Februari 2024.

Nama Anies Baswedan mencuat lantaran Gubernur DKI Jakarta ini sudah menjadi incaran Partai Nasdem sejak beberapa waktu lalu.

Nama Anies lebih kuat untuk di tunjuk menjadi calon presiden 2024 karena Anies merupakan salah satu tokok yang mendukung gerakan Nasdem, sebelum berubah menjadi partai politik.

Sebelumnya Partai Nasdem mengangkat tiga nama dari luar keanggotan partai yang akan mereka usung menjadi kandidat calon presiden RI 2024.

Baca Juga: Anies Baswedan Dilaporkan ke Bawaslu Atas Dugaan Kampanye Terselubung

Pertama Anies Rasyid Baswedan, yang saat ini menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta.

Kedua adalah Andika Perkasa yang juga orang luar kader partai Nasdem, yang saat ini menjadi orang tertinggi di TNI, dengan jabatan Panglima TNI.

Hanya saja sebagai anggota TNI aktif, kemungkinan Andika untuk melepaskan jabatan sebagai Panglima TNI sangat kecil untuk dipilih menjadi calon presiden RI dalam pemilu 2024 dari Partai Nasdem. 

Sebab jika mengacu UU TNI, maka Andika baru masuk masa pensiun saat berusia 58 tahun pada 21 Desember 2022 mendatang.

Ketiga adalah Ganjar Pranowo, kader Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) yang saat ini menjadi Gubernur Jawa Tengah.

Hanya saja hingga saat ini Ganjar Pranowo menyatakan masih setia dengan garis komando PDIP sehingga kemungkinan besar tidak akan diangkat menjadi calon presiden Partai Demokrat. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU
Kontan Academy
Storytelling with Data Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

[X]
×