kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • EMAS 1.894.000   23.000   1,23%
  • USD/IDR 16.419   -1,00   -0,01%
  • IDX 7.152   57,04   0,80%
  • KOMPAS100 1.042   11,47   1,11%
  • LQ45 813   10,31   1,28%
  • ISSI 224   1,13   0,51%
  • IDX30 424   4,70   1,12%
  • IDXHIDIV20 503   1,86   0,37%
  • IDX80 117   1,39   1,20%
  • IDXV30 119   0,12   0,10%
  • IDXQ30 139   1,38   1,00%

Mobilitas Makin Longgar, Penjualan Eceran Meningkat


Selasa, 10 Januari 2023 / 16:47 WIB
Mobilitas Makin Longgar, Penjualan Eceran Meningkat
ILUSTRASI. Penjualan eceran meningkat di bulan Desember 2022. Hasil survei Bank Indonesia (BI) menunjukkan Indeks Penjualan Riil (IPR) pada Desember 2022 mencapai 216,4.


Reporter: Ferry Saputra | Editor: Khomarul Hidayat

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Penjualan eceran meningkat di bulan Desember 2022. Hasil survei Bank Indonesia (BI) menunjukkan Indeks Penjualan Riil (IPR) pada Desember 2022 mencapai 216,4.

Indeks penjualan eceran tersebut tersebut meningkat 6,3% dibandingkan IPR pada November 2022 yang sebesar 203,5.

Ekonom Bank Permata Josua Pardede menduga penjualan eceran meningkat di bulan Desember 2022 karena dampak tidak adanya pembatasan mobilitas pada saat libur Natal dan Tahun Baru (Nataru).

"Dengan demikian, aktivitas ekonomi berjalan tanpa restriksi dan meningkatnya daya beli masyarakat sejalan dengan tunjangan hari raya untuk sebagian masyarakat pada akhir tahun 2022," ucap dia kepada Kontan, Selasa (10/1).

Baca Juga: BI: Penjualan Eceran Melambat di Kuartal IV-2022

Hasil survei BI juga menunjukkan kinerja penjualan eceran Desember 2022 tumbuh secara tahunan sebesar 0,04%.

Berdasarkan kelompoknya, kinerja penjualan eceran pada kelompok peralatan informasi dan komunikasi secara tahunan meningkat 0,02% setelah tercatat kontraksi pada bulan sebelumnya.

Baca Juga: Tekanan Inflasi Mei 2023 Diyakini Melandai, Penjualan Eceran Berpeluang Meningkat

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
AYDA dan Penerapannya, Ketika Debitor Dinyatakan Pailit berdasarkan UU. Kepailitan No.37/2004 Digital Marketing for Business Growth 2025 : Menguasai AI dan Automation dalam Digital Marketing

[X]
×