kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • EMAS 1.541.000   21.000   1,38%
  • USD/IDR 15.880   50,00   0,31%
  • IDX 7.196   54,65   0,77%
  • KOMPAS100 1.104   9,46   0,86%
  • LQ45 877   10,80   1,25%
  • ISSI 221   0,74   0,34%
  • IDX30 449   6,10   1,38%
  • IDXHIDIV20 540   5,33   1,00%
  • IDX80 127   1,26   1,00%
  • IDXV30 135   0,57   0,43%
  • IDXQ30 149   1,56   1,06%

Mesin bor raksasa proyek Kereta Cepat Jakarta - Bandung (KCJB) pecahkan rekor MURI


Selasa, 15 Desember 2020 / 20:47 WIB
Mesin bor raksasa proyek Kereta Cepat Jakarta - Bandung (KCJB) pecahkan rekor MURI
ILUSTRASI. Mesin bor raksasa pada terowongan proyek jalur kereta cepat Jakarta-Bandung.


Reporter: Amalia Nur Fitri | Editor: Khomarul Hidayat

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Mesin bor raksasa proyek Kereta Cepat Jakarta – Bandung (KCJB) memecahkan rekor Museum Rekor- Dunia Indonesia (MURI) sebagai mesin bor terbesar pembuat terowongan di Indonesia, Selasa (15/12).

MURI menyematkan pencatatan rekor pada mesin bor yang digunakan di Tunnel #1 Proyek KCJB, sebagai mesin bor terbesar pembuat terowongan di Indonesia dengan diameter sebesar 13,2 meter.

Tunnel Boring Machine (TBM) menggali struktur terowongan yang akan menampung dua lintasan kereta cepat di dalamnya.

Baca Juga: Terowongan 1,8 km di tunnel #1 Halim sudah tembus, proyek kereta cepat sudah 74,94%

Site Manager Tunnel #1 Sinohydro, Han Jiping menyebutkan, TBM KCJB memiliki panjang 102,3 meter dan beroperasi selama 13 bulan hingga Tunnel #1 berhasil ditembus.

“Rata – rata TBM beroperasi 113 meter/bulan. Namun dalam keadaan optimal, satu bulan TBM dapat beroperasi hingga mencapai 322 meter," sebut Han Jiping dalam keterangan tertulis yang diterima Kontan.co.id, Selasa (15/12).

Didatangkan khusus untuk menggali struktur tunnel #1 Halim, TBM pertama kali mendarat di Indonesia pada Februari 2019 serta merampungkan proses perakitan dan commissioning di bulan Maret 2019.

Kemudian, setelah mendapatkan izin beroperasi dari Komisi Keamanan Jembatan dan Terowongan Jalan (KKJTJ) pada bulan Oktober 2019, TBM KCJB resmi beroperasi menggali struktur tunnel melintasi bagian bawah area - area kritis seperti LRT, gerbang & jalan tol Jakarta-Cikampek, perumahan dan fasilitas sosial seperti mesjid.

Selanjutnya: Luhut sebut proyek kereta cepat Jakarta-Bandung titik modernisasi transportasi RI

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News



TERBARU
Kontan Academy
Working with GenAI : Promising Use Cases HOW TO CHOOSE THE RIGHT INVESTMENT BANKER : A Sell-Side Perspective

[X]
×