kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45898,78   -24,72   -2.68%
  • EMAS1.326.000 0,53%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

MER-C Indonesia mengirim 11 relawan medis ke Gaza, Palestina


Selasa, 19 Maret 2024 / 17:20 WIB
MER-C Indonesia mengirim 11 relawan medis ke Gaza, Palestina
ILUSTRASI. Rumah Sakit Indonesia di Gaza


Sumber: Kompas.com | Editor: Yudho Winarto

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Medical Emergency Rescue Committee (MER-C) Indonesia mengirim 11 relawan medis ke Gaza, Palestina.

Ketua Presidium MERC Indonesia Sarbini Abdul Murad mengatakan, 11 relawan itu terdiri dari tim dokter, tim rawat dan tim logistik.

"Ada 11 Orang relawan MER-C telah berada di Gaza, tim dokter, tim rawat bedah, ditambah 2 relawan yang ada di sana, jadi ada 13 relawan MERC yang hari ini stay di sana, mereka bekerja selama 2 minggu minimal," katanya dalam konferensi pers, Selasa (19/3/2024).

Baca Juga: Kematian Massal Akibat Kelaparan Menghantui Gaza

Para relawan ini ditugaskan untuk membantu penyembuhan para korban sipil yang terluka akibat kejahatan perang yang dilakukan oleh Israel di Gaza.

Sarbini juga menjelaskan, para relawan yang dikirim khusus untuk tanggap bencana. Belasan relawan tersebut saat ini berada di Gaza bagian selatan karena faktor keamanan dan keselamatan.

"Teman-teman sekarang berada di Raffah, Gaza Selatan, dan kami belum diberikan akses ke Gaza Tengah maupun Gaza Utara," tuturnya.

Di sisi lain, Sarbini mengajak seluruh elemen kesehatan Indonesia baik organisasi profesi seperti Ikatan Dokter Indonesia (IDI) dan organisasi kesehatan lainnya ikut memberikan dukungan.

Baca Juga: Tentara Israel Kembali Menyerbu Rumah Sakit Al-Shifa Gaza

"Semua konsorsium membangun koalisi besar untuk melanjutkan mengirim tim medis ke Gaza," katanya.

Sarbini juga mengajak agar pemerintah bisa terus memberikan dukungan kepada warga Palestina. "Kami juga mengajak kepada pemerintah agar secara bersama membantu warga Gaza," tandasnya.

Sebagai informasi, agresi Israel di wilayah Gaza, Palestina terus berlangsung hingga saat ini. Konflik yang memanas sejak 7 Oktober 2024 itu tak menemui titik temu.

Angkatan Bersenjata Israel atau Israel Defense Forces (IDF) terus membombardir Jalur Gaza dan Tepi Barat hingga saat ini.

Kejahatan perang yang dilakukan Israel dalam agresi ini dengan menghancurkan beragam fasilitas yang seharusnya dilindungi hukum internasional.

Baca Juga: Israeli Troops Raid Gaza's Al Shifa Hospital

Salah satunya adalah rumah sakit bantuan dari Rakyat Indonesia untuk Palestina yang berada di Gaza, yaitu Rumah Sakit Indonesia. Tak hanya itu, korban jiwa perempuan dan anak-anak juga menjadi sorotan.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "MER-C Indonesia Kirim 11 Relawan Medis ke Gaza"

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×