kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |

Menteri perempuan dalam Kabinet Indonesia Maju lebih sedikit dibanding Kabinet Kerja


Rabu, 23 Oktober 2019 / 21:28 WIB
Menteri perempuan dalam Kabinet Indonesia Maju lebih sedikit dibanding Kabinet Kerja
ILUSTRASI. Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim berbincang dengan Menteri Keuangan Sri Mulyani and Menteri Luar Negeri Retno Marsudi sebelum pelantikan di Istana Kepresidenan, Jakarta, 23 Oktober 2019.

Reporter: kompas.com | Editor: S.S. Kurniawan

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Jumlah menteri perempuan dalam Kabinet Indonesia Maju lebih sedikit dibanding Kabinet Kerja. Pada Kabinet Indonesia Maju yang baru Presiden lantik hari ini, hanya ada lima perempuan yang menjadi menteri.

Kelimanya: Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, Menteri Keuangan Sri Mulyani, Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya Bakar, Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah, dan Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Gusti Ayu Bintang Darmavati.

Baca Juga: Sri Mulyani, menteri keuangan dalam empat kabinet

Sementara Kabinet Kerja memiliki delapan menteri perempuan ketika Presiden lantik pada 2014. Yakni: Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Puan Maharani, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, dan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya.

Kemudian, Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti, Menteri Kesehatan Nila Moeloek, Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa, Menteri PPPA Yohana Yembise, dan Menteri BUMN Rini Soemarno.

Jumlah tersebut bertambah menjadi sembilan orang pada 2016, saat Sri Mulyani masuk ke dalam kabinet sebagai menteri keuangan menggantikan Bambang Brodjonegoro. Namun pada 2018, menteri perempuan dalam Kabinet Kerja kembali berjumlah delapan orang kala Khofifah mengundurkan diri untuk berlaga di Pemilihan Gubernur Jawa Timur.

Baca Juga: Presiden Jokowi umumkan nama-nama menteri, berikut daftar lengkapnya

Hari ini, Jokowi melantik 34 menteri dan 4 pejabat setingkat menteri dalam Kabinet Indonesia Maju di Istana Kepresidenan. Pengumuman dan pelantikan kabinet selang tiga hari setelah pelantikan Jokowi dan Ma'ruf Amin sebagai Presiden dan Wakil Presiden.

Penulis: Ardito Ramadhan

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Menteri Perempuan dalam Kabinet Indonesia Maju Lebih Sedikit Dibanding Kabinet Kerja"




TERBARU

×