kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.345.000 0,75%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Menteri PAN-RB Baru Azwar Anas Akan Lakukan Digitalisasi Birokrasi


Rabu, 07 September 2022 / 16:32 WIB
Menteri PAN-RB Baru Azwar Anas Akan Lakukan Digitalisasi Birokrasi
ILUSTRASI. Abdullah Azwar Anas dilantik sebagai Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara - Reformasi Birokrasi oleh Presiden Joko Widodo di Istana Negara, Jakarta, Rabu (7/9/2022).


Reporter: Ratih Waseso | Editor: Khomarul Hidayat

KONTAN.CO.ID -  JAKARTA. Presiden Joko Widodo (Jokowi) resmi melantik Abdullah Azwar Anas sebagai Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB) di Istana Kepresidenan Jakarta, Rabu (7/9).

Usai dilantik, Azwar mengatakan, visi misi yang diembannya saat ini ialah bagaimana mendukung dan menjabarkan apa yang menjadi visi misi dari Presiden Jokowi. Terutama untuk menyelesaikan target-target prioritas di bidang birokrasi. Yakni, bagaimana membawa birokrasi terlibat dalam penanganan kemiskinan, stunting dan lainnya.

Pengalaman sebagai Kepala Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang dan Jasa Pemerintah (LKPP), Azwar berencana mengusung digitalisasi dalam birokrasi di pemerintahan.

”Birokrasi ini harus menuju next level yaitu digitalisasi, digitalisasi apa saja? Digitalisasi struktur, culture dan kompetensi. Digitalisasi di tiga sektor ini sangat mendasar dan sesuai arahan Presiden, apalagi sudah ada SPBE (sistem pemerintah berbasis elektronik) dan kalau ini bisa dikoneksikan tentu hasilnya maksimal,” kata Azwar di Istana Kepresidenan, Jakarta, Rabu (7/9).

Baca Juga: Selain Menteri PAN-RB, Jokowi Resmi Lantik Anggota DKPP Masa Tugas 2022-2027

Jokowi mengatakan, track record yang dimiliki Azwar Anas menjadi dasar yang digunakan dalam memilih mantan Bupati Banyuwangi tersebut. Ia menjelaskan, pengalaman memimpin Banyuwangi dengan inovasi birokrasi yang dilakukan meyakinkan Jokowi menunjuk Azwar Anas sebagai Menteri PAN RB.

“Track recordnya jelas waktu memegang birokrasi di Banyuwangi banyak sekali yang saya lihat, saya langsung melihat ke sana, inovasi-inovasi di bidang pelayanan publik, di urusan KTP, urusan perizinan, dan bisa dilakukan di pasar di mal. Saya kira beliau termasuk yang pertama saat itu sehingga track record itu yang menyebabkan kita memilih Pak Azwar Anas,” jelas Jokowi.

Lebih lanjut Jokowi menginginkan agar reformasi birokrasi dapat digarap secara cepat. Hal tersebut untuk mencapai birokrasi melayani dan birokrasi dengan kedisiplinan yang tinggi.

“Saya kira beliau enggak usah dipesen-pesen. Sudah mengerti apa yang harus dilakukan. Bukan mengerti, tapi sangat mengerti,” kata Jokowi.

Baca Juga: Jokowi Resmi Lantik Abdullah Azwar Anas Jadi Menteri PAN-RB

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP) Negosiasi & Mediasi Penagihan yang Efektif Guna Menangani Kredit / Piutang Macet

[X]
×