kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Menteri Airlangga Hartarto pernah positif Covid-19, Istana tak tahu menahu


Selasa, 19 Januari 2021 / 14:40 WIB
Menteri Airlangga Hartarto pernah positif Covid-19, Istana tak tahu menahu
ILUSTRASI. Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto


Sumber: Kompas.com | Editor: Khomarul Hidayat

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Pihak Istana Kepresidenan tak tahu menahu jika Menteri Koordinator (Menko) Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto sempat terpapar Covid-19. Kepala Sekretariat Presiden (Kasetpres) Heru Budi Hartono mengatakan, belum pernah ada pemberitahuan resmi terkait hal ini.

"Kami tidak tahu juga kalau positif. Kalau saya dan jajaran Setpres tidak tahu, tidak ada pemberitahuan resmi," kata Heru saat dihubungi wartawan, Selasa (19/1).

Heru mengatakan, hal ini semestinya dijawab langsung oleh pihak Kemenko Bidang Perekonomian. Airlangga atau Juru Bicara Kemenko Bidang Perekonomian lah yang seharusnya menyampaikan ke publik.

"Harus yang bersangkutan yang menyampaikannya sendiri bahwa seseorang yang terpapar kena Covid harus dari yang bersangkutan. Harus dari Kemenko jubirnya yang harus sampaikan ke publik," ujarnya.

Baca Juga: Airlangga sempat positif Covid-19, epidemiolog sayangkan tak ada pengumuman ke publik

Heru menyebut, Istana Kepresidenan tak punya kewajiban untuk mengumumkan menteri yang terkonfirmasi positif Covid-19. "Jika ada menteri yang terkena Covid bukan menjadi tugas Istana untuk umumkan," kata dia.

Sebelumnya, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mendonasikan plasma konvalesen di Markas Palang Merah Indonesia (PMI), Jakarta, Senin (18/1).

Sebagaimana diketahui, plasma konvalesen umumnya diambil dari orang yang pernah menderita atau penyintas Covid-19 sebagai donor. Plasma tersebut nantinya digunakan untuk terapi penyembuhan mereka yang positif Covid-19, dengan harapan penyintas Covid-19 yang menjadi donor itu sudah membentuk antibodi.

Langkah yang dilakukan Airlangga ini membuat publik bertanya-tanya kapan Ketua Umum Partai Golkar itu terkonfirmasi positif Covid-19.

Hingga saat ini, pemerintah belum pernah mengumumkan kepada publik bahwa Airlangga Hartarto pernah terinfeksi virus corona.

Baca Juga: Euforia vaksinasi Covid-19 tak boleh abaikan protokol kesehatan 5 M

Penulis : Fitria Chusna Farisa
Editor : Dani Prabowo

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Istana Mengaku Tak Tahu Menteri Airlangga Pernah Positif Covid-19".

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×