kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45989,59   -6,37   -0.64%
  • EMAS998.000 -0,60%
  • RD.SAHAM -0.07%
  • RD.CAMPURAN 0.04%
  • RD.PENDAPATAN TETAP -0.07%

Menparekraf Undang Negara-Negara G20 Berinvestasi di 5 Destinasi Super Prioritas


Selasa, 27 September 2022 / 22:01 WIB
Menparekraf Undang Negara-Negara G20 Berinvestasi di 5 Destinasi Super Prioritas
ILUSTRASI. Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno menyampaikan keterangan saat konferensi pers usai kegiatan G20


Reporter: Lailatul Anisah | Editor: Yudho Winarto

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf/Kabaparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno mengundang negara-negara anggota G20 serta negara tamu di "G20 Tourism Ministerial Meeting (TMM) 2022" untuk berinvestasi di sektor pariwisata dan ekonomi kreatif tanah air khususnya di 5 destinasi super prioritas dan 8 KEK Pariwisata.  

Menparekraf Sandiaga Uno di sela-sela kegiatan "G20 Tourism Ministerial Meeting (TMM) 2022" pada Senin (26/9) di Grand Hyatt Nusa Dua, Bali, melakukan pertemuan bilateral dengan sejumlah negara anggota G20 dan juga negara tamu.

Menparekraf Sandiaga berbicara tentang banyak hal mulai dari rencana kerja sama dalam pengembangan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif.

Baca Juga: Kemenparekraf Ajak Wujudkan Pariwisata Berkualitas di Kawasan Danau Toba

"Kami telah menjalankan back to back bilateral engagement dengan negara-negara seperti Spanyol, Saudi Arabia, Uni Emirat Arab, dan Australia. Kami percaya ada pasar yang sangat penting bagi kami untuk berpromosi, berinovasi, dan berkolaborasi. Tidak hanya di bidang pariwisata tetapi juga pengembangan ekonomi kreatif," kata Menparekraf Sandiaga Uno dalam keteranganya, Selasa (27/9).

Selain berbagai peluang kerja sama tersebut, Menparekraf Sandiaga juga berbicara tentang peluang investasi di sektor pariwisata dan ekonomi kreatif. Adapun lokasi yang ditawarkan adalah lima destinasi super prioritas juga 8 KEK pariwisata di berbagai daerah tanah air.

Lima destinasi super prioritas tersebut adalah Danau Toba, Borobudur, Mandalika, Labuan Bajo, serta Likupang. Sementara untuk 8 KEK Pariwisata adalah KEK Tanjung Kelayang di Belitung, KEK Nongsa di Batam, KEK Tanjung Lesung di Banten, KEK Singosari di Malang, KEK Mandalika di NTB, KEK Likupang di Sulawesi Utara, Kek Morotai di Maluku Utara, dan KEK Lido di Sukabumi, Jawa Barat.

"Saudi Arabia sangat tertarik dengan beberapa proyek yang kita ajukan, juga Uni Emirat Arab. Kita akan follow up dengan roadshow dalam beberapa bulan ke depan dalam kunjungan kita dengan target investasi 6 sampai 8 miliar dolar AS dalam tiga tahun ke depan. Itu target kita, mulai dari pembangunan infrastruktur, kereta gantung, akomodasi, sampai kepada beberapa kelengkapan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif," kata Menparekraf Sandiaga.

Baca Juga: Menparekraf Sandiaga Uno Sebut Maskapai Asing Mulai Buka Penerbangan ke Indonesia

"Tadi juga dibicarakan kemungkinan dikembangkan technopark di beberapa destinasi untuk melengkapi ekosistem ekonomi kreatif," tambah Menparekraf Sandiaga.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU

[X]
×