kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45865,51   3,33   0.39%
  • EMAS924.000 -0,22%
  • RD.SAHAM -0.15%
  • RD.CAMPURAN 0.00%
  • RD.PENDAPATAN TETAP -0.01%

Menko Luhut: Kita sekarang mengerti tracing penting dalam penanganan Covid-19


Jumat, 30 Juli 2021 / 13:18 WIB
Menko Luhut: Kita sekarang mengerti tracing penting dalam penanganan Covid-19
ILUSTRASI. Menko Kemaritiman dan Investasi Luhut Panjaitan mengatakn, kita sekarang mengerti tracing penting dalam penanganan Covid-19.

Sumber: Kompas.com | Editor: Khomarul Hidayat

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan, teknik tracing (pelacakan) merupakan kunci dalam mendeteksi Covid-19. Dengan adanya tracing, maka penyebaran Covid-19 dapat dengan cepat diketahui.

“Jadi sekarang kita sudah semakin mengerti bahwa teknik tracing itu penting dalam penanganan Covid-19. Teknik tracing ini kuncinya,” ujar Luhut, dikutip dari siaran pers Kemenko Marves, Kamis (29/7).

Luhut menuturkan, tidak menutup kemungkinan jumlah pasien positif akan diketahui lebih banyak dari sebelumnya. “Jadi saya sudah bilang Presiden, nanti mungkin jumlah yang diketahui terinfeksi akan naik, namun tidak apa apa, kan dia ‘tercabut’ dari keluarganya. Jadi tidak terjadi banyak penularan di keluarga,” tutur dia.

Baca Juga: Testing Covid-19 mencapai 400.000 per hari, kapasitas isolasi terpusat ditambah

Melalui tracing, masyarakat yang terpapar Covid-19 bisa langsung ditangani. Saat ini, pemerintah telah menambah jumlah tempat isolasi terpusat hingga ketersediaan tempat tidur (BOR) di rumah sakit (RS).

Selain itu, tambahan rumah oksigen membuat penanganan Covid-19 semakin membaik. “Jadi ini isolasi terpusat masih berapa ribu di Jakarta, lalu RS bed-nya juga turun sekarang, sudah turun banyak. Apalagi ini juga ada rumah oksigen," tutur Luhut.

Menurut Luhut, pemerintah tetap mengantisipasi kemungkinan yang terburuk sehingga lebih siap.

Luhut menjelaskan, saat ini ketersediaan tempat tidur di Jakarta sekitar 9.000 lebih. Sementara di seluruh Jawa-Bali disiapkan hampir 50.000 tempat tidur, di antaranya di Bandung, Semarang, Yogya, Solo Raya, Surabaya, Malang, Bali dan sebagainya.

“Oksigen sudah mulai kita siapkan, kita dapat ISO Tank (alat angkut bahan kimia cair/gas) tambahan hampir 20, nah ini akan kita gunakan untuk menampung oksigen yang ada dari Konawe, Jawa, Kalimantan, dan Bali," ucapnya.

"Sehingga kami berharap ISO Tank yang kita siapkan ini membantu daripada kekurangan-kekurangan oksigen,” ujar Luhut.

Ia menambahkan, ISO Tank Container sangat dibutuhkan untuk mengirimkan oksigen cair atau gas dari sebuah industri migas ke suatu pulau atau ke depo minyak dan gas pada suatu wilayah.

Baca Juga: UPDATE tes corona di Indonesia, Kamis (29/7) sebanyak 262.954 spesimen

Penulis : Dian Erika Nugraheny
Editor : Kristian Erdianto

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Luhut: Sekarang Kita Mengerti Teknik Tracing Penting dalam Penanganan Covid-19".

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU
Kontan Academy
Rahasia Banjir Order dari Digital Marketing Sukses Berkomunikasi: Mempengaruhi Orang Lain Batch 3

[X]
×