kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |

Menko Darmin: Roadmap vokasi segera dirilis


Selasa, 08 Januari 2019 / 10:10 WIB

Menko Darmin: Roadmap vokasi segera dirilis

Berita Terkait

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Menteri Koordinator bidang Perekonomian Darmin Nasution mengatakan, saat ini pemerintah sudah selesai membuat roadmap terkait pelatihan vokasi.

"Rancangan sudah tuntas, 1-2 minggu roadmap pelatihan vokasi diusahakan sudah bisa dijelaskan resmi ke publik," ungkapnya dalam acara outlook perekonomian Indonesia 2019, Selasa (8/1).


Menurut Darmin, usai fokus kepada Infrastruktur untuk tahun ini pemerintah lebih fokus terhadap pengembangan sumber daya manusia (SDM).

Maka itu penting sekali untuk adanya pelatihan dan vokalis. "Kita punya masuk ke sistem pendidikan dan akan kita kembangkan," tambah Darmin.

Pasalnya, saat ini dari survei tercatat 58% pekerja Indonesia itu pendidikannya paling tinggal SMP.

"Maka itu harus mengambil jalan pintas untuk mengembangkan pendidikan dan vokasi agar kita bisa berdaya saing," tutur dia.

Untuk itu ke depan, fokusnya ke SMK yang harus direformasi secara besar-besaran mulai dari kurikulum, pengajar dan keterlibatan industri.

Menurut Darmin, dengan keadaan ekonomi global seperti ini perlu bagi Indonesia untuk bisa berdaya saing dengan negara lain. Untuk diperlukan infrastruktur yang baik dan SDM yang berkualitas.

"Baru kita bisa basis yang cukup untuk membangun daya saing. Itu cenderung daya saing jangka menengah ke depan," tutur dia.


Reporter: Sinar Putri S.Utami
Editor: Yudho Winarto

Video Pilihan


Close [X]
×