kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Menko Airlangga ingatkan persaingan SDM sangat sengit di masa depan


Minggu, 10 Oktober 2021 / 17:43 WIB
Menko Airlangga ingatkan persaingan SDM sangat sengit di masa depan
ILUSTRASI. Menko Perekonomian Airlangga Hartarto mengingatkan persaingan SDM sangat sengit di masa depan.


Reporter: Siti Masitoh | Editor: Khomarul Hidayat

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Pembangunan sumber daya manusia (SDM) jadi perhatian pemerintah. Menteri Koordinator Airlangga Hartarto mengatakan pembangunan SDM perlu ditekankan karena persaingan lebih ketat dan sengit di masa mendatang.

Namun, pandemi Covid-19 bukan hanya menghadirkan masalah kesehatan, tetapi telah menciptakan tantangan baru pada sektor sosial dan ekonomi di banyak negara, termasuk di sektor pendidikan dan pengembangan SDM. Salah satu bentuk hambatan di sektor pendidikan adalah dengan tidak dapat dilakukannya pembelajaran secara tatap muka di seluruh tingkatan pendidikan.

Dengan strategi penanganan Covid-19, kolaborasi seluruh pihak, serta penurunan jumlah kasus aktif Covid-19, semangat pembangunan SDM dan sektor Pendidikan kembali bangkit seiring dengan telah dimulainya kembali pembelajaran tatap muka secara terbatas di sejumlah daerah.

Baca Juga: Menko Airlangga sebut optimisme pelaku usaha properti dukung pemulihan ekonomi

“Semangat ini perlu terus dijaga, mengingat sumber daya manusia juga merupakan faktor kunci dalam transformasi ekonomi,” ujar Menteri Koordinator Airlangga Hartarto dalam keterangan tertulis, Minggu (10/10).

Transformasi ekonomi mengubah berbagai struktur perekonomian agar menjadi lebih produktif dan keluar dari middle income trap. Hal ini membutuhkan kualitas SDM andal, yakni sumber daya manusia yang berkualitas dan memiliki keterampilan serta daya saing yang tinggi dalam persaingan global.

Airlannga bilang, perguruan tinggi harus tampil sebagai garda terdepan dalam mencetak SDM yang unggul dan kompetitif di masa mendatang. Satu hal yang harus ditempuh adalah selalu meningkatkan kualitas SDM perguruan tinggi, serta menyiapkan diri agar mampu beradaptasi untuk mencapai keberhasilan dalam membangun bangsa.

“Di sinilah dibutuhkan doktor-doktor di Indonesia yang andal dan berpengalaman untuk siap berkontribusi menjadi periset, pengajar, manajer, pembaharu, atau pun pemimpin yang mengantarkan bangsa ini mewujudkan visi tersebut,” kata Airlangga.

Selanjutnya: Demi menarik wisatawan di Bali, pemerintah perpendek waktu isolasi mandiri

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×