kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45793,17   3,27   0.41%
  • EMAS1.048.000 1,85%
  • RD.SAHAM 0.64%
  • RD.CAMPURAN -0.07%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.01%

Menkeu: Tak hanya Indonesia, negara se-prudent Australia, Singapura lebarkan defisit


Senin, 04 Mei 2020 / 19:37 WIB
Menkeu: Tak hanya Indonesia, negara se-prudent Australia, Singapura lebarkan defisit
ILUSTRASI. Keterangan pers Menkeu Sri Mulyani melalui fasilitas live streaming di Jakarta.

Reporter: Titis Nurdiana | Editor: Titis Nurdiana

KONTAN.CO.ID -JAKARTA.  Pandemi Covid-19 memaksa banyak negara melakukan respon cepat dalam  kemampuan fiskalnya. Termasuk Indonesia.

Salah satunya dengan melebarkan defisit atas angarannya. “Bahkan negara yang sudah memilki kemampuan pengelolaan anggaran secara prudent pun terpaksa harus melakukan defisit financing,” ujar Menteri Keuangan Sri Mulyani, dalam video conference dengan Badan Anggaran, Dewan Perwakilan Rakyat (DPR), Senin (4/5).

Menkeu lantas mencontohkan negara Australia dan Singapura yang juga  harus mengubah komposisi APBN negaranya untuk menangani pandemi Covid-19.

“Australia Singapura adalah dua negara yang selama ini selalu sangat prudent di dalam fiscal policy. Tahun ini ekspansi fiskal mencapai mendekati 11% dan hanya dalam waktu kurang dari 3 bulan mereka mengubah APBN secara berturut-turut,” jelas Menkeu.

Menurut Menkeu, dalam kondisi saat ini, peran dari negara begitu sangat dibutuhkan karena sisi kesehatan sosial dan ekonomi masyarakat terkena efek paparan corona atau Covid-19.  

Tak Cuma Australia dan Singapura, Amerika Serikat pun menambah defisit fiskal 10,5. Rasio utang terhadap PDB Malasyia juga dipaksa untuk menambah lagi utangnya dengan melakukan defisit hingga mencapai 10%.

Dengan begitu, pelebaran defisit fiskal di tengah pandemi Covid-19 tak hanya terjadi di Indonesia yang melebarkan defisit fiskal dari 3% menjadi 5,07% atau sekitar Rp 852,9 triliun. “Semua Menteri Keuangan melakukan perubahan APBN hanya dalam waktu yang sangat cepat yang dilakukan dengan emergency yang luar biasa,” jelasnya.

 

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU

[X]
×