kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ451.015,98   -4,21   -0.41%
  • EMAS930.000 -0,21%
  • RD.SAHAM -1.07%
  • RD.CAMPURAN -0.35%
  • RD.PENDAPATAN TETAP -0.08%

Menkeu Sri Mulyani: Jumlah penduduk miskin bisa naik 3,8 juta, penganguran 5,3 juta


Selasa, 14 April 2020 / 13:48 WIB
Menkeu Sri Mulyani: Jumlah penduduk miskin bisa naik 3,8 juta, penganguran 5,3 juta
ILUSTRASI. JAKARTA,06/02-PENURUNAN ANGKA KEMISKINAN. Warga berativitas di pemukiman nelayan kawasan Muara Angke, Jakarta, kamis (06/02). Angka kemiskinan Indonesia terus mengalami penurunan. Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS) penduduk miskin pada September


Reporter: Abdul Basith | Editor: Syamsul Azhar

KONTAN.CO.ID - Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati menyatakan dampak krisis ekonomi akibat penyebaran virus corona Covid-19 terhadap perekonomian Indonesia akan sangat dalam.

Dalam perkiraan Menteri Keuangan, kodisisi krisis ekonomi saat ini akan berpengaruh terhadap kondisi sosial kemasyarakatan terutama menambah jumlah penduduk miskin dan angka pengangguran. 

Baca Juga: Hore! PNS tetap mendapatkan THR Lebaran 2020, tapi cuma eselon III ke bawah

Menteri Keuanga Sri Mulyani Indrawati mengungkapkan hal ini dalam jumpa pers seusai mengikuti rapat kabinet terbatas bersama Presiden Joko Widodo, Selasa (14/4).

Baca Juga: Anies Baswedan ancam beri sanksi tegas perusahaan masih nekat beroperasi saat PSBB

Pengaruh krisis terhadap kemiskinan, dalam skenario berat hitungan pemerintah, akan ada tambahan jumlah penduduk miskin sebanyak 1,1 juta orang. Adapun, "Dengan asumsi lebih berat, bisa ada tambahan penduduk miskin sebanyak 3,78 juta orang," kata Menkeu

Sementara dampak krisis terhadap jumlah pengangguran di Indonesia juga cukup parah. Menkeu menyebut sebetulnya jumlah pengangguran sudah turun lumayan besar dalam lima tahun terakhir. 

Baca Juga: Gubernur Jakarta Anies Baswedan siap tambah check point untuk penegakan aturan PSBB

Tapi kisis ekonomi akibat wabah virus corona Covid-19 akan membuat jumlah pengangguran bertambah besar. "Dengan skenario berat berat akan ada kenaikan jumlah pengangguran sebanyak 2,9 juta orang pengangguran baru. Sedangkan dengan estimasi lebih berat pengangguran bisa bertambah 5,32 juta orang, tahun ini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU
Kontan Academy
Digital Marketing in New Normal Era The Science of Sales Management

[X]
×