kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45749,52   23,69   3.26%
  • EMAS920.000 0,66%
  • RD.SAHAM 1.15%
  • RD.CAMPURAN 0.62%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.32%

Menkes Terawan: Evakuasi WNI gunakan kapal untuk cegah penularan corona di darat


Senin, 24 Februari 2020 / 13:07 WIB
Menkes Terawan: Evakuasi WNI gunakan kapal untuk cegah penularan corona di darat
ILUSTRASI. Menteri Kesehatan (Menkes) Terawan Agus Putranto. Tribunnews/Jeprima

Reporter: Abdul Basith | Editor: Yoyok

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Pemerintah akan mengevakuasi Warga Negara Indonesia (WNI) kru Kapal World Dream. Evakuasi tersebut akan menggunakan Kapal Rumah Sakit KRI DR Soeharso. Evakuasi menggunakan kapal untuk pencegahan penularan virus korona (COVID-19).

"Kita gunakan kapal supaya tidak menimbulkan, kalau ada sesuatu yang baru tidak mengenai yang darat dulu," ujar Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto, Senin (24/2).

Baca Juga: Karyawan Samsung terinfeksi corona, perusahaan Korsel bersiap hadapi yang terburuk

Terawan pertimbangan medis harus menjadi perhatian utama bagi Indonesia. Pasalnya saat ini Indonesia masih berstatus zona hijau atau negara yang belum ada kasus korona di dalamnya.

Sekitar 188 WNI yang berada di Kapal World Dream. Saat ini kapal tersebut masih berada di perairan internasional karena tidak bisa masuk ke sejumlah negara. Selain kapal World Dream, ada pula 78 WNI Indonesia yang menjadi kru Kapal Diamond Princess di Jepang. Dari 78 orang WNI, 4 di antaranya positif tertular korona.

Baca Juga: Ini lokasi observasi WNI yang dijemput dari kapal World Dream

Terawan bilang evakuasi WNI di Kapal Diamond Princess masih menunggu negosiasi dengan pemerintah Jepang. Pemerintah juga belum memutuskan akomodasi untuk evakuasi WNI di Jepang. "Pokoknya kita nego untuk paling bagus lah (pesawat atau kapal), tenang saja," terang Terawan.

Asal tahu saja Indonesia juga tengah menyiapkan pulau untuk observasi WNI yang dievakuasi di Pulau Sebaru, Kepulauan Seribu. Pulau itu juga akan digunakan untuk WNI yang dievakuasi dari Kapal World Dream.

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.


TERBARU

[X]
×