kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45944,22   -1,36   -0.14%
  • EMAS999.000 1,52%
  • RD.SAHAM -0.07%
  • RD.CAMPURAN 0.04%
  • RD.PENDAPATAN TETAP -0.07%

Menkes: Setelah vaksinasi, kasus Covid-19 pada tenaga kesehatan turun


Kamis, 18 Februari 2021 / 06:44 WIB
Menkes: Setelah vaksinasi, kasus Covid-19 pada tenaga kesehatan turun
ILUSTRASI. Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin


Sumber: Kompas.com | Editor: Anna Suci Perwitasari

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin mengatakan, berdasarkan data sementara, ada korelasi positif antara vaksiksinasi Covid-19 bagi tenaga kesehatan dan tingkat penularan penyakit tersebut. 

Menutut Budi, penularan Covid-19 di kalangan tenaga kesehatan, sudah menurun pasca-vaksinasi digelar. 

"Data sementara yang kami lihat, semua tenaga kesehatan sesudah divaksimasi memang kasus konfirmasinya menurun. Kami masih menanti kelengkapan datanya untuk kesimpulan pasti," kata dia dalam keterangan pers virtual di YouTube Kemenkes, Rabu (17/2). 

Lebih lanjut Budi bilang, saat ini lebih dari 1,1 juta tenaga kesehatan sudah disuntik vaksin Covid-19 dosis pertama. Kemudian, lebih dari 500.000 tenaga kesehatan mendapatkan vaksinasi Covid-19 dosis kedua. 

"Kami melihat trennya promising (tingkat penularan) dan kesimpulan itu harus kami ambil minimal dua pekan setelah suntikan dosis kedua," jelas dia. 

Baca Juga: Menkes sebut positivity rate Covid-19 di Indonesia saat ini sangat tinggi

Sebelumnya, Pelaksana Tugas Direktur Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kemenkes Maxi Rein Rondonuwu mengatakan, vaksinasi Covid-19 tahap pertama untuk tenaga kesehatan sudah mencapai 75%. Ia menargetkan, program vaksinasi Covid-19 tahap pertama ini dapat selesai dalam pekan ini. 

"Jadi tahapan pertama kami untuk nakes 1,46 juta (sasaran vaksinasi) sekarang ini kami sudah mendekati 75%. Mungkin minggu ini akan selesai," kata Maxi dalam diskusi secara virtual, Rabu (17/2). 

Maxi mengatakan, tenaga kesehatan lanjut usia di atas 60 tahun juga sudah mulai mengikuti vaksinasi Covid-19 dengan menggunakan vaksin Covid-19 asal Sinovac. Ia menyebut, vaksin Covid-19 asal Sinovac masuk kategori aman untuk disuntikkan ke tenaga kesehatan lansia. 

"Semua nakes lansia yang disuntik vaksin tidak ada kejadian pasca-imunisasi (KIPI) tidak ada gejala yang berat, seluruh Indonesia gejala ringan dan sedang, dan semua ditangani," ujar dia. (Dian Erika Nugraheny)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Menkes: Setelah Vaksinasi, Kasus Covid-19 Tenaga Kesehatan Menurun".

 

Selanjutnya: Wapres Ma'ruf Amin: Vaksinasi Covid-19 itu hukumnya wajib

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Practical Inventory Management (SCMPIM) Supply Chain Management Principles (SCMP)

[X]
×