kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45919,51   10,20   1.12%
  • EMAS1.350.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Meningkat 30%, LRT Sumsel Angkut 4 Juta Penumpang Sepanjang Tahun 2023


Jumat, 29 Desember 2023 / 18:10 WIB
Meningkat 30%, LRT Sumsel Angkut 4 Juta Penumpang Sepanjang Tahun 2023
ILUSTRASI. Kemenhub mencatat LRT Sumatra Selatan (Sumsel) mengangkut penumpang ke-4 juta pada Rabu (27/12) di tahun 2023.


Reporter: Vendy Yhulia Susanto | Editor: Wahyu T.Rahmawati

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Kementerian Perhubungan (Kemenhub) mencatat LRT Sumatra Selatan (Sumsel) mengangkut penumpang ke-4 juta pada Rabu (27/12) di tahun 2023.

Capaian jumlah penumpang ini sekaligus melampaui capaian tahun sebelumnya yang berjumlah 3.087.735 penumpang, atau meningkat sekitar 30%.

Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mengungkapkan apresiasinya kepada seluruh jajaran Direktorat Jenderal Perkeretaapiak (DJKA) atas capaian tersebut. Menhub menekankan pentingnya upaya pergeseran mobilitas orang agar menggunakan transportasi umum. 

"Apa yang kita capai bersama di Palembang ini, harus menjadi motivasi untuk penyelenggaraan transportasi umum yang lebih baik sehingga masyarakat mau beralih meninggalkan kendaraan pribadinya,” kata Budi Karya dalam siaran pers, Jumat (29/12).

Baca Juga: Ada perayaan Tahun Baru 2024, MRT Jakarta Beroperasi hingga Pukul 01.30 Pagi

Direktur Jenderal Perkeretaapian, Risal Wasal menyampaikan bahwa DJKA terus berbenah dan melakukan upaya agar target pergeseran penumpang dapat tercapai. 

“DI LRT Sumsel ini kita menggandeng mitra-mitra dan stakeholders terkait untuk mengoptimalkan keberadaan angkutan feeder yang melayani stasiun-stasiun dan menjangkau pusat-pusat aktivitas warga,” ujar Risal.

Lebih lanjut, Risal juga menjelaskan bahwa DJKA melalui Balai Pengelola Kereta Api Ringan Sumatra Selatan (BPKARSS) telah melakukan beragam upaya promosi. Di antaranya dengan melibatkan komunitas, perangkat daerah, hingga tokoh masyarakat. 

Di samping itu, upaya promosi juga dilakukan melalui perjalanan pendidikan (edutrip/eduwisata), digitalisasi pembayaran, tarif promo/diskon, peluncuran kartu berlangganan, dan peningkatan fasilitas layanan.

“Secara konsisten, gelaran LRT Fest juga diadakan tiap tahun untuk menyosialisasikan serta mempromosikan LRT Sumsel ini kepada seluruh kalangan, khususnya generasi muda,” kata Risal.

Baca Juga: KAI: Jumlah Pengguna LRT Jabodebek Meningkat 33% pada Masa Libur Natal

Adapun terkait dengan capaian yang diraih tahun 2023 ini, Risal menyebut bahwa sumbangan angka okupansi penumpang terbesar ada pada momentum perayaan HUT Kota Palembang dan Hari Bhayangkara, serta hari besar dan hari libur nasional seperti Idul Fitri dan Natal. 

Kemudian, pada momentum Natal dan Tahun Baru kali ini saja, rata-rata penumpang harian LRT Sumsel sudah menembus angka 19.000 penumpang per hari. Angka itu jauh melampaui rata-rata harian reguler yang hanya 11.950 penumpang per hari.

Risal berharap, ke depan capaian yang diperoleh LRT Sumsel ini dapat terus meningkat sehingga mimpi membangun sistem transportasi massal yang dibanggakan oleh masyarakat dapat terwujud. 

Bagaimana pun LRT Sumsel ini kami hadirkan untuk masyarakat Palembang dan sekitarnya, sehingga kami berharap akan semakin banyak masyarakat yang memanfaatkan moda transportasi ini untuk beraktivitas sehari-hari,” pungkas Risal.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Success in B2B Selling Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

[X]
×