kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45770,67   6,06   0.79%
  • EMAS888.000 0,11%
  • RD.SAHAM -0.17%
  • RD.CAMPURAN -0.05%
  • RD.PENDAPATAN TETAP -0.12%

Mendagri minta daerah akomodir visi besar Jokowi


Rabu, 13 November 2019 / 14:11 WIB
Mendagri minta daerah akomodir visi besar Jokowi
ILUSTRASI. Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian

Reporter: Abdul Basith | Editor: Herlina Kartika Dewi

KONTAN.CO.ID - BOGOR. Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian meminta pemerintah daerah (pemda) mengakomodir visi besar Presiden Joko Widodo.

Hal itu sebagai wujud sistem pemerintahan yang sinkron hingga daerah. Bentuk dukungan daerah dalam menunjang visi presiden ditunjukkan melalui anggaran dan program kerja yang disusun pemda.

"Diharapkan visi misi bapak presiden yang diterjemahkan menteri dan kepala lembaga masuk ke pemda sehingga bisa diterjemahkan ke anggaran," ujar Tito saat membuka Rapat Koordinasi Nasional Forum Komunikasi Pimpinan Daerah, Rabu (13/11).

Baca Juga: Jokowi memastikan pilkada tetap dipilih langsung

Pemda dinilai memiliki peran penting bagi tercapai visi pemerintah lima tahun ke depan. Tito bilang hampir seluruh permasalahan menyangkut pemda.

Pembinaan pemda menjadi tanggungjawab dari Kementerian Dalam Negeri. Termasuk dalam pengawasan keuangan pemerintah daerah.

"Kemdagri yang punya tugas pokok pembinaan pembangunan daerah, keuangan daerah sekaligus pengawasan daerah," terang Tito.

Pada rakornas tersebut Tito juga mengingatkan kembali mengenai visi Jokowi. Antara lain visi pembangunan Sumber Daya Manusia (SDM), pendidikan dan kesehatan.

Selain itu melanjutkan pembangunan infrastruktur. Jokowi juga memiliki visi menyederhanakan regulasi untuk investasi dan lapangan kerja.

Reformasi birokrasi juga menjadi visi Jokowi terutama masalah perizinan untuk membuka lapangan kerja. Lapangan kerja dibutuhkan mengingat adanya bonus demografi.

"Karena bonus demografi kalau tidak ditangani jadi bencana demografi," jelas Tito.

Baca Juga: Kepala Daerah Banyak Jadi Koruptor, Pemerintah Evaluasi Pilkada Langsung

Tito juga menyampaikan visi Jokowi mengenai transformasi ekonomi dari basis sumber daya alam menjadi manufaktur. Bahkan termasuk mengeksplore ke bidang jasa modern.

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.


TERBARU

[X]
×