kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.249.000 2,21%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Membandingkan harta kekayaan adik Prabowo dan kakak Erick Thohir, siapa terkaya?


Rabu, 11 Desember 2019 / 07:00 WIB
Membandingkan harta kekayaan adik Prabowo dan kakak Erick Thohir, siapa terkaya?


Sumber: Kompas.com | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Tahun ini, Forbes kembali merilis daftar orang terkaya di Indonesia. Budi Hartono dan Michael Hartono masih menempati urutan teratas sebagai orang paling kaya di Indonesia.

Dalam daftar 50 konglomerat Indonesia paling tajir, terdapat dua nama saudara kandung Menteri Kabinet Indonesia Maju. Mereka adalah Hashim Djojohadikusumo adik Menteri Pertahanan Prabowo Subianto, dan Garibaldi Thohir alias Boy Thohir yang tak lain kakak kandung dari Menteri BUMN Erick Thohir.

Baca Juga: Ini dua perempuan yang masuk daftar 50 orang paling tajir Indonesia

Siapa terkaya di antara mereka?

Hashim Djojohadikusumo

Hashim Djojohadikusumo sudah sejak lama masuk dalam daftar orang terkaya di Indonesia. Teranyar, pemilik Arsari Group ini menempati posisi ke-40 orang terkaya Indonesia. Perusahaannya bergerak di berbagai sektor mulai dari kelapa sawit, pertambangan, industri kertas, dan jasa logistik. Kekayaanya tercatat sebesar US$ 800 juta atau sekitar Rp 11,2 triliun (kurs Rp 14.000).

Baca Juga: Punya harta Rp 19 triliun, Ciliandra paling muda di daftar orang terkaya Indonesia

Berbeda dengan kakaknya yang terjun ke dunia militer dan politik, Hashim justru lebih memilih membangun usaha sendiri. Hashim sempat magang di perusahaan ayahnya PT Indoconsult Associates. Setelah itu, dirinya memilih membangun bisnisnya sendiri.

Perusahaan pertama yang didirikannya yakni PT Era Persada. Perusahaan tersebut sempat dijual lantaran ikut terdampak krisis moneter tahun 1998.  Anak bungsu dari begawan ekonomi Sumitro Djojohadikoesoemo dikenal sebagai penyuka barang antik.

Selain itu, dia juga melakukan upaya konservasi Harimau Sumatera dengan membangun pusat rehabilitasi di Sumatera Barat.

Baca Juga: Begini rekomendasi analis untuk saham-saham milik 10 orang terkaya di Indonesia

Saat Prabowo maju ke kontestasi Pemilihan Presiden 2019, Hashim tak setengah-setengah mendukung sang kakak. Dia menjabat sebagai Direktur Media dan Komunikasi Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo Subianto-Sandiaga Uno.




TERBARU

[X]
×