kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45903,33   4,58   0.51%
  • EMAS1.313.000 -0,38%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Megawati umumkan enam calon kepala daerah


Minggu, 07 Januari 2018 / 15:35 WIB
Megawati umumkan enam calon kepala daerah


Reporter: Ramadhani Prihatini | Editor: Wahyu T.Rahmawati

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) mengumumkan enam calon gubernur (cagub) dan calon wakil gubernur (cawagub) yang diusung partai berlambang banteng ini. Ketua Umum PDIP membacakan nama cagub dan cawagub dari Provinsi Sumatra Utara (Sumut) Sumatra Selatan (Sumsel), Jawa Barat (Jabar), Jawa Tengah (Jateng), Kalimantan Barat (Kalbar), dan Kalimantan Timur (Kaltim).

Megawati bilang, PDIP mengusung Djarot Saiful Hidayat sebagai cagub Sumut dengan didampingi Sihar Pangihutan Hamonangan Sitorus. Penentuan calon pasangan pemimpin Sumut itu telah melalui proses pertimbangan yang matang. "Sumut itu daerah yang dinamis jadi saya putar otak kali ini Sumut harus bagaimana," kata Megawati di Kantor DPP PDIP, Minggu (7/1).

Ia mengimbuh, PDIP juga memasangkan cagub Dodi Reza Alex Noerdin yang diketahui sebagai putera gubernur Sumsel saat ini, Alex Noerdin. Ia dipasangkan dengan cawagub Muhammad Giri Ramanda Nazaputra Kiemas yang diketahui merupakan keponakan Megawati Soekarno Putri.

Untuk Jabar, Megawati mengumumkan Mayjen TNI Purn TB Hasanudin menjadi cagub, dan dipasangkan dengan Irjen Pol Anton Charliyan. Pasangan ini dinilai Megawati sebagai simbol kolaborasi calon pemimpin daerah berlatarbelakang TNI dan Polri.

Megawati menyatakan PDIP dengan mantap mengusung Ganjar Pranowo untuk kembali menjadi cagub Jateng. Ganjar dipasangkan dengan Taj Yasin Maimoen yang diketahui sebagai putera KH. Maimoen Zubair.

Ia juga mengumumkan cagub wanita yang akan bertarung Pilkada Kalbar. Karolin Margret Natasa diusung PDIP sebagai cagub yang dipasangkan Surydman Gidot seorang petahana Bupati Bengkayang.

Terakhir, Megawati menyebut memberikan penugasan kepada Irjen Pol Safaruddin sebagai cagub Kaltim. Namun ia masih enggan mengatakan cawagub yang akan mendampingi mantan Kapolda Kaltim tersebut. "Itulah janji saya terhadap 17 provinsi (yang mengikuti Pilkada) telah terpenuhi." ujar Mega.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×