kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45913,59   -9,90   -1.07%
  • EMAS1.319.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Masyarakat mengerem belanja, nilai penjualan marketplace pada April 2020 turun


Jumat, 29 Mei 2020 / 20:04 WIB
Masyarakat mengerem belanja, nilai penjualan marketplace pada April 2020 turun
ILUSTRASI. Ilustrasi penjualan di marketplace.


Reporter: Bidara Pink | Editor: Khomarul Hidayat

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Meski pada April 2020 Indonesia memasuki bulan Ramadhan, rupanya ini tak membuat total nilai penjualan marketplace meningkat.

Menurut data yang diterima Kontan.co.id dari Bank Indonesia (BI), total nilai transaksi 14 marketplace terbesar di Indonesia pada April 2020 sebesar Rp 22,48 triliun atau turun Rp 4,02 triliun dari total penjualan pada Maret 2020 yang sebesar Rp 26,49 triliun.

Demikian juga total nilai transaksi 4 marketplace terbesar di Indonesia pada bulan April 2020 tercatat sebesar Rp 19,06 triliun atau turun Rp 2,53 triliun dari bulan sebelumnya yang sebesar Rp 21,59 triliun.

Baca Juga: Di awal penerapan PSBB, BI mencatat nilai penjualan marketplace tumbuh subur

Menurut Ekonom Bank BCA David Sumual, penurunan total nilai penjualan marketplace pada bulan tersebut berkaitan dengan masyarakat yang mulai mengerem belanja sebagai bentuk adaptasi terhadap kondisi perekonomian di bulan April 2020.

"Karena pada bulan tersebut pembatasan sosial berskala besar (PSBB) mulai gencar dan mulai banyak juga kabar orang kehilangan pekerjaan. Jadi, April adalah masa adjustment," kata David kepada Kontan.co.id, Jumat (29/5).

Di masa penyesuaian tersebut, masyarakat lebih memilih untuk mengutamakan konsumsi bahan pokok seperti makanan. Sementara pembelian barang tersier terkait fashion dan gadget akan dibatasi. Terlebih, pada bulan April 2020, Tunjangan Hari Raya (THR) belum turun.

Untuk selanjutnya, David melihat penjualan marketplace pada bulan Mei 2020 akan meningkat. Apalagi, di bulan tersebut ada hari raya Idul Fitri dan THR sudah turun di awal bulan. Menurutnya, masyarakat akan lebih banyak belanja barang tersier pada bulan ini.

"Apalagi kan banyak promo-promo yang bisa dilihat di sosial media (sosmed), lewat iklan publik. Jadi saya lihat penjualan akan meningkat di Mei ini," imbuhnya.

Baca Juga: Selama pandemi, Blibli justru catat pertumbuhan bisnis 50%

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×