kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45991,58   -19,63   -1.94%
  • EMAS957.000 -0,42%
  • RD.SAHAM -1.52%
  • RD.CAMPURAN -0.63%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.01%

Masih ada 10 orang jemaah umrah asal Indonesia yang positif Covid-19 di Mekkah


Selasa, 17 November 2020 / 10:08 WIB
Masih ada 10 orang jemaah umrah asal Indonesia yang positif Covid-19 di Mekkah
ILUSTRASI. Sejumlah calon jamaah umrah. TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN


Sumber: Kompas.com | Editor: Handoyo .

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Kepala Bidang Umrah Asosiasi Muslim Penyelenggara Haji dan Umrah Republik Indonesia (Amphuri) Zaky Anshary mengatakan, hingga kini masih ada 10 orang jemaah umrah asal Indonesia yang positif Covid-19 di Mekkah. Zaky mengungkapkan, sebanyak tiga orang jemaah sembuh dan kini sudah tiba kembali di Indonesia. 

"Tiga orang yang positif Covid-19 dalam grup tanggal 1 November, sudah pulang tadi malam. Jadi sekarang yang masih positif tinggal 10 orang jemaah dan masih di Mekkah," kata Zaky saat dihubungi Kompas.com, Selasa (17/11/2020). 

Ia melanjutkan, sebanyak lima dari 10 jemaah yang positif Covid-19 dikarantina di kamar isolasi. Sementara lima lainnya sudah dipindahkan ke kamar biasa. Kamar isolasi, kata Zaky, hanya bisa diisi satu orang pasien. Sedangkan kamar biasa bisa diisi dua orang. "Aturan kerajaan Arab Saudi semua hotel harus mengosongkan 10 persen kamar untuk antisipasi yang positif," ujarnya. 

Ia juga memastikan bahwa 10 orang yang positif tersebut, masih harus menjalani isolasi selama 10 hari di Mekkah. Usai dinyatakan negatif setelah melaksanakan isolasi 10 hari, Zaky mengatakan, jemaah baru diizinkan untuk ibadah umrah dan pulang ke Tanah Air. "Jemaah yang pernah positif hanya bisa ibadah umrah di Mekkah tanpa bisa mengunjungi kota Madinah," tambah dia. 

Baca Juga: Arab Saudi menghentikan sementara proses visa umrah untuk jamaah Indonesia

Sebelumnya dikabarkan sebanyak 13 jemaah umrah asal Indonesia dinyatakan positif Covid-19 setelah dilakukan swab test di Mekkah. Adapun 13 jemaah tersebut berasal dari gelombang pertama dan kedua. Gelombang pertama sebanyak delapan orang dan gelombang kedua sebanyak lima orang. 

Visa umrah tak ditutup

Selain kabar terkait kasus Covid-19, Zaky juga mengatakan bahwa visa umrah untuk jemaah asal Pakistan sudah dikeluarkan. Artinya, lanjut dia, menandakan bahwa visa umrah tidak ditutup. "Beberapa jam lalu, per tanggal 17 November hari ini, kami dapat informasi kalau visa umrah jemaah Pakistan sudah keluar. Ini menandakan kalau visa umrah tidak ditutup," jelasnya. 

Oleh karena itu, ia berharap agar keberangkatan jemaah asal Indonesia pada 22 November nanti dapat berjalan lancar dengan diterbitkannya visa. Meski demikian, ia mengaku bahwa hingga hari ini, visa umrah untuk jemaah asal Indonesia belum dikeluarkan. "Insya Allah kalau keluar visa kita akan informasikan," terangnya.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "UPDATE: Sembuh 3, Jemaah Umrah RI Positif Covid-19 Kini 10 Orang"

Selanjutnya: 13 Jemaah umrah asal Indonesia positif Covid-19

 

 

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU
Sukses Berkomunikasi dengan Berbagai Gaya Kepribadian Managing Procurement Economies of Scale Batch 7

[X]
×