kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45988,75   -13,63   -1.36%
  • EMAS948.000 0,00%
  • RD.SAHAM -0.06%
  • RD.CAMPURAN -0.04%
  • RD.PENDAPATAN TETAP -0.32%

13 Jemaah umrah asal Indonesia positif Covid-19


Kamis, 12 November 2020 / 04:49 WIB
13 Jemaah umrah asal Indonesia positif Covid-19
ILUSTRASI. Saat ini, ada 13 jemaah umrah asal Indonesia yang terkonfirmasi positif Covid-19. REUTERS/Waleed Ali


Sumber: Kompas.com | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Saat ini, ada 13 jemaah umrah asal Indonesia yang terkonfirmasi positif Covid-19. Hal itu diungkapkan oleh Direktur Bina Umrah dan Haji Khusus Kementerian Agama Arfi Hatim.

"Secara total keseluruhan, ada 13 orang jemaah kita yang terkonfirmasi positif Covid-19 dan dilakukan karantina serta swab test di Arab Saudi," kata Arfi dalam diskusi virtual Perkembangan Terkini: Umrah Aman Saat Pandemi, Rabu (11/11/2020). 

Menurut dia, penambahan kasus tersebut rinciannya didapat dari gelombang pertama sebanyak 8 orang dan gelombang kedua 5 orang.

Kasus Covid-19 untuk gelombang pertama, kata dia, didapat dari hasil dua kali swab test. "Dari dua kali swab itu ada 8 jemaah umrah asal Indonesia yang terkonfirmasi positif. Dan gelombang kedua yang berangkat tanggal 3 November itu, ada lima orang yang terkonfirmasi positif," ujar dia.  

Baca Juga: Jumlah pasien sembuh Covid-19 bertambah 3.241, kontribusi terbanyak dari Jakarta

Sementara itu, untuk gelombang ketiga jemaah umrah asal Indonesia hingga kini belum ada kasus positif yang terkonfirmasi. 

Adapun gelombang pertama diketahui berangkat pada Minggu (1/11/2020), gelombang kedua pada Selasa (3/11/2020), dan gelombang ketiga jemaah umrah asal Indonesia berangkat Minggu (8/11/2020). 

Arfi memastikan, semua penanganan jemaah yang terkonfirmasi tersebut dilakukan oleh Pemerintah Kerajaan Arab Saudi. Sebanyak 13 jemaah tersebut akan dilakukan swab test ulang untuk memastikan kembali perkembangan kesehatannya. 

Baca Juga: Jamaah umrah yang telah datang dari Tanah Suci wajib jalani karantina

"Mudah-mudahan hasilnya sudah negatif. Artinya, ini semua sudah ditangani, advokasi, visitasi, termasuk juga terakhir terkait konsumsi dari pemerintah Arab Saudi," ucap dia.  

Dengan adanya penambahan kasus ini, Arfi mengingatkan agar para calon jemaah umrah yang berangkat dan pulang ke Indonesia dalam kondisi sehat. Ia pun bersama pihak terkait dari Indonesia akan mengevaluasi kembali pelaksanaan ibadah umrah di masa pandemi. 

"Tentu akan kami kaji sebagai bahan evaluasi dalam konteks untuk pencegahan dan pengendalian seluruh proses penyelenggaraan ibadah umrah," kata dia. 

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "UPDATE 11 November: 13 Jemaah Umrah Asal Indonesia Positif Covid-19"
Penulis : Nicholas Ryan Aditya
Editor : Icha Rastika

 

Selanjutnya: Umrah di masa pandemi corona sudah diperbolehkan, cermati syarat dan aturannya

 

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU
Certified Supply Chain Analyst (CSCA) Batch 7 Financial Modeling Fundamental

[X]
×