kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45924,59   -6,76   -0.73%
  • EMAS1.319.000 -0,08%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Maju lagi jadi capim periode 2019-2023, tiga pimpinan KPK mendaftar via online


Kamis, 04 Juli 2019 / 22:18 WIB
Maju lagi jadi capim periode 2019-2023, tiga pimpinan KPK mendaftar via online


Sumber: TribunNews.com | Editor: Tendi Mahadi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Panitia Seleksi (Pansel) Calon Pimpinan (Capim) KPK, Kamis (4/7) pukul 16.00 WIB resmi menutup pendaftaran para capim yang datang sendiri menyerahkan berkas secara fisik.

Sementara untuk capim yang mendaftar secara online, berkasnya masih ditunggu via email hingga ‎pukul 00.00 WIB. Pansel memberikan waktu bagi pendaftar online karena banyak berkas yang harus di scan dan dilampirkan.

"Jadi memang kami tutup pendaftaran yang dokumen fisik, yang datang sendiri pukul 16.00 WIB. Setelah itu kami perlu waktu untuk melihat kecukupan para pendaftar," ucap Ketua Pansel Capim KPK, Yenti Garnasih di Kantor Setneg, Jakarta Pusat.

Yenti melanjutkan hasil rapat pansel KPK siang tadi, memutuskan waktu pendaftaran tidak akan diperpanjang.‎ Tahap selanjutnya, berkas para capim yang sudah masuk bakal diseleksi dan diumumkan pada 11 Juli 2019.

"Jadi kami baru bisa sampaikan profil pada 11 Juli 2019 siapa saja yang kami anggap memenuhi kualifikasi seleksi administrasi‎," ungkap Yenti.

Dikonfirmasi soal capim dari pimpinan KPK saat ini, 2014-2019 ada berapa orang yang mendaftar? Yenti menjawab ada tiga pimpinan yang mendaftar. Siapa saja mereka, Yenti tidak menginformasikan.

‎"Dari komisioner KPK ada tiga orang, dua mendaftar kemarin malam dan satu lagi menyusul. Mereka secara online ya. Kalau dari pegawai KPK ada 13. Untuk Polri ada dua kelompok yang aktif dan pensiun. Khusus yang pensiun ada 9 orang," tuturnya.

Dari unsur kehakiman, diungkap Yenti ada jaksa 5 orang, hakim 8-9 orang‎. Sementara dari profesi advokat paling banyak yakni 53 orang.

Tidak hanya itu, profesi dari ‎dosen, auditor, wakil bupati hingga lembaga keuangan dari luar Kota banyak pula yang daftar. "Sudah ada 348, ditambah lagi yang email-email belum masuk," tambahnya.

Terpisah, Wakil Ketua KPK Alexander Marwata ‎telah mengakui mendaftar sebagai calon pimpinan KPK periode 2019-2023.

"Saya mendaftarkan diri atas dorongan dan dukungan sejumlah pihak, sertaa untuk menjaga keberlanjutan program pemberantasan korupsi yang sedang berjalan," tegas Alex sapaan Alexander di Gedung Merah Putih KPK, Kuningan, Jakarta Selatan.

Lantas, siapa dua pimpinan lainnya yang juga mendaftar sebagai capim? Informasi yang dihimpun di lapangan dua orang lagi ialah‎ Basaria Panjaitan dan Laode M syarif.

Pimpinan KPK saat ini, Agus Rahardjo saat menghadiri Rapat Dengar Pendapat (RDP) di Gedung Parlemen Senayan beberapa hari lalu secara tegas menyatakan tidak bakal mencalonkan kembali jadi pimpinan KPK.

Agus pun pamit undur diri dan berterima kasih bisa bekerja sama dengan Komisi III DPR RI di periode dirinya. Agus mempersilahkan yang usianya lebih muda untuk mencoba peruntungan sebagai pimpinan KPK.

Sedangkan Saut Situmorang dalam kesempatan yang sama juga menjagokan Basaria untuk kembali maju, ini karena Saut memandang Basaria pantas dan emosinya stabil. (Theresia Felisiani)

Artikel ini telah tayang di Tribunnews.com dengan judul Maju Lagi Jadi Capim 2019-2023, 3 Pimpinan KPK Mendaftar via Online

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×