kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |

Mahfud MD, Menko Polhukam sipil pertama yang gantikan Wiranto dua kali


Kamis, 24 Oktober 2019 / 17:50 WIB
Mahfud MD, Menko Polhukam sipil pertama yang gantikan Wiranto dua kali
Menko Polhukam Mahfud MD (kanan) berjabat tangan dengan pejabat lama Wiranto saat serah terima jabatan di kantor Kemenko Polhukam, Jakarta, Rabu (23/10/2019).

Reporter: kompas.com | Editor: S.S. Kurniawan

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Mahfud MD menjadi Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan HAM (Menko Polhukam) dalam Kabinet Indonesia Maju, yang Presiden Joko Widodo umumkan dan lantik pada Rabu (23/10).

Rupanya, Mahfud MD menjadi orang sipil pertama yang menjabat Menko Polhukam dalam sepanjang sejarah Republik Indonesia. Hal ini dia sampaikan ketika serah terima jabatan dengan Wiranto di Kantor Kemenko Polhukam, Rabu (23/10).

Tapi, Mahfud MD mengaku, baru mengetahui hal tersebut setelah mendapat pesan dari mantan Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) AM Hendropriyono sehari sebelum pelantikan.

Baca Juga: Begini penilaian sejumlah pakar terhadap posisi Mahfud MD sebagai Menkopolhukam

"Tadi malam saya dapat pesan dari Jenderal Hendropriyono. Begini bunyinya, Saya sangat bangga Adinda Mahfud MD adalah orang sipil murni pertama yang menjadi Menko Polhukam di dalam sejarah Republik Indonesia," ujarnya mengulang pesan yang ia terima.

"Saya baru tahu tadi malam bahwa saya orang pertama, dari Pak Hendropriyono, bahwa saya orang sipil pertama yang memimpin kementerian ini," kata Mahfud MD.

Sebab, menjadi orang sipil pertama yang menjabat sebagai Menko Polhukam, Mahfud MD sangat bersyukur karena sebelumnya sudah mempunyai bekal menjadi Menteri Pertahanan.

Dalam serah terima jabatan, Mahfud MD menerima buku-buku yang berisi tugas Kemenko Polhukam dari Wiranto dan berjanji akan membaca buku tersebut.

Baca Juga: Mahfud MD mengaku baru tahu jadi Menko Polhukam sipil pertama

"Saya akan baca ini semua, lalu kita saling mencocokkan ritme ke mana kita melihat pandangan, persepsi, keinginan dan potensi yang Bapak (Wiranto) miliki untuk melakukan tugas dengan apa yang saya pikirkan," ucap dia.

"Setelah mendengar dan membaca, saya kira minggu ini harus selesai sehingga ada gambaran apa. Saya gembira karena pokoknya sudah disampaikan Pak Wiranto. Saya ingat betul karena yang dikatakannya bagus dan pointer-nya sudah disampaikan Pak Jokowi," imbuh Mahfud MD.




TERBARU

×