kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45904,83   21,77   2.47%
  • EMAS938.000 -0,42%
  • RD.SAHAM -1.82%
  • RD.CAMPURAN -0.92%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.02%

Luhut: Vaksinasi corona sudah bisa dilakukan mulai awal Desember


Jumat, 18 September 2020 / 21:50 WIB
Luhut: Vaksinasi corona sudah bisa dilakukan mulai awal Desember
ILUSTRASI.


Reporter: Lidya Yuniartha | Editor: Tendi Mahadi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Presiden Joko Widodo telah menunjuk Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan untuk menangani penyebaran Covid-19 di 9 provinsi yang menyumbang kasus Covid-19.

9 Provinsi tersebut antara lain DKI Jakarta, Jawa Timur, Jawa Tengah, Jawa Barat, Kalimantan Selatan, Sulawesi Selatan, Bali, Sumatera Utara dan Papua.

Menurut Luhut, penanganan Covid-19 di 9 daerah ini pun turut bekerja sama dengan Ketua Satgas Covid-19 juga Menteri Kesehatan. Luhut pun menyebut dirinya sebagai manajer dalam penanganan Covid-19 di 9 provinsi ini. Pasalnya, ada berbagai orang yang kompeten yang turut terlibat.

Baca Juga: Luhut: Saya bukan epidemiolog, saya hanya manajer yang baik

"Tidak ada hal yang istimewa yang saya lakukan. Kalau ada yang bilang saya bukan epidemiolog, memang betul, tapi saya dibantu banyak orang-orang pintar anak-anak muda. Jadi banyak orang-orang yang sangat berkualitas yang membantu saya. Saya hanya manajer, dan saya kira saya bisa mengklaim diri saya sebagai manajer yang baik," ujar Luhut dalam konferensi pers, Jumat (18/9).

Adapun, dia menyebut ada 5 hal yang sudah dirumuskan dan menjadi target dalam 2 minggu ke depan. Beberapa hal tersebut yakni mendorong perubahan perilaku masyarakat agar lebih cepat dalam melaksanakan protokol kesehatan.

Kedua, menurunkan penambahan kasus harian. Ketiga meningkatkan recovery rate, keempat menurunkan mortality rate dan kelima menurunkan mortality cases. "5 Ini yang kita nanti terjemahkan ke depan apa yang kita lakukan dan sekarang sedang jalan. Sebenarnya critical time kita ini 2-3 bulan ke depan sampai vaksin ini jalan," kata Luhut.

Baca Juga: Hadapi sistem WFH, Pakuwon (PWON) tidak membangun gedung perkantoran baru tahun ini

Menurutnya, vaksinasi pun sudah bisa dilakukan mulai dari Desember awal, sehingga nantinya pemerintah sudah menyiapkan TNI, polri dan unsur kesehatan untuk melakukan vaksinasi di tempat-tempat yang diprioritaskan. 

 

Selanjutnya: Begini upaya Pan Brothers (PBRX) pertahankan pekerja di tengah pandemi corona

 

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU

[X]
×