kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ451.015,18   6,97   0.69%
  • EMAS984.000 -0,10%
  • RD.SAHAM -1.86%
  • RD.CAMPURAN -0.70%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Luhut Sebut Perang Melawan Covid-19 Omicron di Jabodetabek, Gunakan Masker Ini


Jumat, 21 Januari 2022 / 06:45 WIB
Luhut Sebut Perang Melawan Covid-19 Omicron di Jabodetabek, Gunakan Masker Ini
ILUSTRASI. Luhut Sebut Perang Melawan Covid-19 Omicron di Jabodetabek, Gunakan Masker Ini


Reporter: Adi Wikanto | Editor: Adi Wikanto

KONTAN.CO.ID - Jakarta. Koordinator Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Jawa Bali, Luhut Binsar Pandjaitan menyebut, perang melawan Covid-19 Omicron sudah dimulai di Jabodetabek. Lalu, bagaimana cara memenangnkan perang melawan Covid-19 Omicron?

Perang melawan Covid-19 Omicron terjadi kebanyakan kasus berada di Jabodetabek. Selain itu, wilayah Jabodetabek memiliki capaian vaksinasi dosis 1 dan 2 sudah tinggi.

Mengutip Kompas.com, salah satu memenangkan perang melawan Covid-19 Omicron adalah dengan menggencarkan vaksin booster Covid-19. "Hari ini teater perang sesungguhnya akibat peningkatan kasus terjadi di wilayah Jabodetabek, untuk itu saya minta provinsi DKI, Banten, dan Jawa Barat agar segera mengakselerasi vaksinasi booster," ujar Luhut yang merupakan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) saat menggelar rapat evaluasi PPKM Jawa-Bali sebagaimana dilansir dari siaran pers di laman resmi Kemenko Marves, Jumat (21/1/2022).

"Mengingat Jabodetabek adalah pusat mobilitas, penyebaran kasus ke provinsi lain dapat terjadi dengan lebih cepat. Meski belum terjadi peningkatan signfikan di provinsi lain, provinsi lain juga harus tetap bersiap," tegasnya.

Vaksin Covid-19 booster sudah dimulai di Indonesia sejak 12 Januari 2022. Namun, realisasi vaksin Covid-19 booster masih sedikit.

Baca Juga: Makin Menyebar, Kemenkes Sebut Covid-19 Varian Omicron Tembus 1.078 Kasus

Hingga 20 Januari 2022, penerima vaksin Covid-19 booster hanya mencapai 1.353.395 orang. Jumlah penerima vaksin Covid-19 booster tersebut hanya bertambah 4.982 orang dari sehari sebelumnya.

Vaksin Covid-19 booster bisa meningkatkan daya tahan tubuh terhadap virus Covid-19 Omicron. Selain itu, vaksin Covid-19 booster juga bisa mengurangi gejala dan keparahan akibat infeksi Covid-19.

 

Selain mendapatkan vaksin Covid-19 booster, masyarakat juga harus tetap menjalankankan protokol kesehatan. Terutama untuk menggunakan masker yang efektif mencegah penularan virus.

Namun tidak semua masker bisa mencegah penularan Covid-19 Omicron. Hasil penelitian menyebutkan hanya ada tiga masker yang efektif untuk mencegah Covid-19 Omicron. Apa saja?

Dilansir dari Kompas.com, pakar penyakit menular Steven Gordon mengatakan bahwa masker dapat menghalangi embusan partikel virus ke udara di sekitar Anda, yang membantu mencegah penyebaran virus. Selain itu, masker juga bisa menjadi penghalang keluarnya droplet saat Anda batuk atau bersin.

"Tapi, masker kain yang seringkali terbuat dari bahan seperti kapas tidak bisa memberikan perlindungan efektif dari paparan virus yang sangat menular seperti virus Corona varian Omnicorn," ucap dia.

Untuk memberikan perlindungan terbaik dari varian Omnicorn, Anda harus memilih masker dengan tingkat filtrasi tinggi yang pas dengan wajah Anda. “Anda harus memastikan bahwa area mulut dan hidung Anda tertutupo dengan baik," ucapnya.

Baca Juga: Kasus Positif Naik Jadi 68 Orang, Ini Ciri-Ciri dan Cara Mencegah Covid-19 Omicron

Berikut rekomendasi jenis masker yang efektif mencegah Covid-19 varian Omnicorn:

1. N95

Rekomendasi pertama masker yang efektif mencegah Covid-19 Omicron adalah masker N95. Masker ini, yang digunakan dalam pengaturan perawatan kesehatan, memiliki bentuk yang sangat pas dengan wajah Anda.

Masker ini dilengkapi dengan segel logam yang dapat disesuaikan di bagian depan. Masker N95 sangat efisien dalam menyaringan udara. Jenis masker ini mampu menyaring sekitar 95 persen partikel di udara.

2. KN95

Rekomendasi kedua masker yang efektif mencegah Covid-19 Omicron adalah masker KN95. Masker ini juga dirancang agar pas dengan wajah Anda. Bentuk maske KN95 dapat membentuk lekukan kecil di atas mulut dan hidung Anda yang membuat Anda lebih mudah bernapas saat memakainya. Masker KN95 juga mampu menyaring sekitar 95 persen partikel di udara.

3. KF94

Rekomendasi ketiga masker yang efektif mencegah Covid-19 Omicron adalah masker KF94. Bentuk masker KF94 mirip dengan KN95. Jenis masker ini juga mampu menyaring sekitar 94 persen partikel di udara.

Itulah rekomendasi masker yang efektif untuk memenangkan perang melawan Covid-19 Omicron. Selain menjalankan protokol kesehatan, jangan lupa untuk segera mendapatkan vaksin Covid-19 karena efektif mengurangi tingkat keparahan akibat virus corona semua varian.

#satgascovid19 #ingatpesanibu #pakaimasker #jagajarak #jagajarakhindarikerumunan #cucitangan #cucitanganpakaisabun

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Planner Development Program Supply Chain Management on Distribution Planning (SCMDP)

[X]
×