CLOSE [X]
kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ451.031,93   22,42   2.22%
  • EMAS986.000 0,00%
  • RD.SAHAM -0.57%
  • RD.CAMPURAN -0.12%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.11%

Kasus Positif Naik Jadi 68 Orang, Ini Ciri-Ciri dan Cara Mencegah Covid-19 Omicron


Kamis, 30 Desember 2021 / 05:05 WIB
Kasus Positif Naik Jadi 68 Orang, Ini Ciri-Ciri dan Cara Mencegah Covid-19 Omicron


Reporter: Adi Wikanto | Editor: Adi Wikanto

KONTAN.CO.ID - Jakarta. Jumlah kasus Covid-19 Omicron di Indonesia terus bertambah. Berikut sejumlah ciri-ciri Covid-19 Omicron berdasarkan penelitian di sejumlah negara yang banyak kasus virus corona varian baru tersebut.

Ciri-ciri Covid-19 Omicron perlu dikenali. Pasalnya, ciri-ciri Covid-19 Omicron berbeda dengan gejala infeksi virus corona sebelumnya.

Terbaru, Kementerian Kesehatan (Kemenkes) mengumumkan kasus positif Covid-19 varian Omicron di Indonesia pada Rabu (29/12) bertambah 21 orang. Sehingga sampai saat ini jumlah kasus positif Covid-19 Omicron ada 68 orang.

Juru Bicara Vaksinasi Covid-19 Kemenkes Siti Nadia Tarmidzi mengatakan 21 kasus baru Omicron itu merupakan pelaku perjalanan luar negeri. Jumlah pasien Covid-19 Omicron terdiri dari 16 WNI dan 5 WNA.

Negara kedatangan paling banyak adalah Arab Saudi, dan Turki. Sampai saat ini kasus Covid-19 Omicron di Indonesia kebanyakan dari pelaku perjalanan luar negeri.

''Adanya kasus Omicron Indonesia karena adanya perjalanan dari beberapa negara seperti Arab Saudi dan Turki, sehingga masyarakat diimbau untuk mempertimbangkan berlibur ke sana,'' kata Nadia dalam keterangan tertulis.

Baca Juga: Omicron di Luar Kendali, Infeksi Global Covid Tembus Rekor Tertinggi 7 Hari Terakhir

Pengetatan di pintu masuk negara terus dilakukan, terutama di perbatasan laut, dan darat untuk mencegah penularan Covid-19 Omicron. Positivity rate di pintu masuk laut dan darat 10 kali lebih tinggi daripada di udara.

Nadia mengimbau masyarakat untuk mengurangi mobilitas dan tetap disiplin melaksanakan protokol kesehatan untuk mencegah penularan Covid-19 Omicron. ''Kesadaran diri dan menahan keinginan berpergian harus dilakukan. Saya meminta masyarakat untuk bekerja sama mencegah penularan virus COVID-19 dengan menahan diri tidak bepergian,'' ucapnya.

Ciri-ciri Covid-19 Omicron

Ciri-ciri Covid-19 Omicron perlu dipahami oleh masyarakat. Hal ini karena, ciri-ciri Covid-19 Omicron berbeda dengan kasus sebelumnya.

Dilansir dari BBC, Angelique Coetzee, dokter pertama penemu kasus Covid-19 Omicron di Afrika Selatan berpendapat ada perbedaan gejala atau ciri-ciri Covid-19 Omicron dengan kasus sebelumnya termasuk varian Delta.

Menurut Angelique Coetzee, ciri-ciri Covid-19 Omicron yang terjadi pada pasien di Afrika Selatan meliputi

  • Rasa capek selama satu atau dua hari
  • Sakit kepala
  • Badan sakit
  • Tenggorokan serak, tapi tidak batuk-batuk
  • Tidak kehilangan kemampuan indra penciuman (anosmia).

Sementara itu, ciri-ciri Covid-19 Omicron menurut hasil penelitian ZOE COVID Study hampir mirip dengan pendapat Angelique. Dalam publikasi penelitian 16 Desember 2021, ZOE COVID Study menemukan sejumlah ciri-ciri Covid-19 Omicron yang kini banyak terjadi di Inggris.

Ciri-ciri Covid-19 Omicron berdasarkan hasil penelitian ZOE COVID adalah

Sakit kepala

Sakit kepala adalah ciri-ciri yang terbanyak dialami penderita Covid-19 Omicron di Inggris. Sakit kepala ini pada penderita Covid-19 Omicron biasanya berlangsung lebih dari tiga hari dan tidak bisa diatasi dengan obat penghilang rasa sakit.

Pilek

Selain sakit kepala, ciri-ciri penderita Covid-19 Omicron di Inggris yang banyak terjadi adalah pilek. Pilek penderita Covid-19 Omicron ini mirip dengan kasus penyakit pilek musim dingin yang biasa terjadi di Inggris.

Kelelahan (baik ringan atau berat)

Ciri-ciri penderita Covid-19 Omicron lainnya adalah kelelahan. Tingkat kelelahan penderita Covid-19 Omicron mulai dari ringan hingga berat.

Bersin

Ciri-ciri lain penderita Covid-19 Omicron di Inggris adalah bersin. Penderita Covid-19 Omicron dilaporkan mengalami intensitas bersin yang tinggi.

Sakit tenggorokan

Ciri-ciri lain penderita Covid-19 Omicron di Inggris adalah sakit tenggorokan. Sakit tenggorokan ini hanya berlangsung paling lama 5 hari.

Mencegah Covid-19 Omicron

Untuk mencegah Covid-19 Omicron, masyarakat dihimbau tetap menjalankan protokol kesehatan dan segera mendapatkan vaksin. Vaksin Covid-19 bisa mengurangi tingkat keparahan penyakit akibat infeksi Omicron.

Selain itu, Kemenkes menghimbau masyarakat tidak melakukan perjalanan ke luar negeri untuk mencegah Covid-19 Omicron. Pasalnya, penularan Covid-19 Omicron terjadi di luar negeri.

Itulah sejumlah ciri-ciri Covid-19 Omicron dan cara mencegah penularannya. Mari jalankan protokol kesehatan untuk mencegah Covid-19.

#satgascovid19 #ingatpesanibu #pakaimasker #jagajarak #jagajarakhindarikerumunan #cucitangan #cucitanganpakaisabun

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU

[X]
×