kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45921,46   1,15   0.12%
  • EMAS1.343.000 -0,30%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Luhut: Elon Musk Tertarik Investasi Jaringan Internet Murah di Indonesia


Selasa, 15 Agustus 2023 / 04:31 WIB
Luhut: Elon Musk Tertarik Investasi Jaringan Internet Murah di Indonesia
ILUSTRASI. Pemilik Tesla dan SpaceX, Elon Musk tertarik untuk melakukan investasi jaringan internet murah di kawasan timur Indonesia. KONTAN/Fransiskus Simbolon


Sumber: Kompas.com | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

INVESTASI INTERNET - Pemilik Tesla dan SpaceX, Elon Musk tertarik untuk melakukan investasi jaringan internet murah di kawasan timur Indonesia melalui satelit "Starlink". Pernyataan ini dikeluarkan oleh Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan.

Ketertarikan itu disampaikan saat Luhut bertemu dengan Elon Musk di Amerika Serikat baru-baru ini. Luhut mengungkapkan hal tersebut dalam unggahan di akun Instagram resminya @luhut.pandjaitan pada Senin (14/8/2023). 

"Saya sampaikan bahwa manfaat yang ditimbulkan jika Starlink beroperasi di Indonesia amat besar. Misalnya, infrastruktur kesehatan seperti akses internet di puskesmas dan daerah terpencil bisa membantu tenaga kesehatan melaporkan data-data fasilitas kesehatan secara real time," ujar Luhut dikutip dari unggahan akun Instagramnya sebagaimana telah dikonfirmasi kepada Juru Bicara Menko Marves Jodi Mahardi, Senin. 

"Selain itu akses layanan pendidikan juga akan bisa diakses oleh pelajar Indonesia bagian timur sehingga akses pendidikan yang setara dan merata di Indonesia bisa kita wujudkan. Untuk itu saya mengundang Elon agar bisa datang ke Indonesia dan dia menyanggupinya," lanjutnya. 

Baca Juga: Luhut: Elon Musk akan Datang September atau Oktober untuk Deal Investasi di RI

Turut hadir dalam pertemuan antara Elon Musk dengan Luhut yakni Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin. 

Menkes Budi menjelaskan, saat pertemuan dengan Elon dirinya membahas mengenai potensi Starlink untuk mendukung jaringan internet di 745 puskesmas di Indonesia. 

Ratusan puskesmas itu berada di daerah terpencil dan tertinggal. Budi menuturkan, koneksi internet untuk puskesmas secara luas penting untuk mendorong digitalisasi pelayanan puskesmas. 

Baca Juga: Italia Siap Menjadi Tuan Rumah Pertarungan Elon Musk dan Mark Zuckerberg

"Karena kita mau mendorong digitalisasi secara masif, skriningnya, vaksinasinya, imunisasinya, timbangan antropometrinya untuk stunting. Sekarang kalau enggak ada koneksinya (internet) akan susah sekali," jelas Budi.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Luhut Klaim Elon Musk Tertarik Investasi Jaringan Internet untuk Daerah Terpencil di Indonesia"
Penulis : Dian Erika Nugraheny
Editor : Dani Prabowo

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP) Negosiasi & Mediasi Penagihan yang Efektif Guna Menangani Kredit / Piutang Macet

[X]
×