kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45788,56   1,37   0.17%
  • EMAS1.011.000 -0,10%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.09%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.11%

Luhut berharap Indonesia dapat tiru Jerman, Taiwan dan Rusia mengatasi Covid-19


Senin, 27 Juli 2020 / 19:26 WIB
Luhut berharap Indonesia dapat tiru Jerman, Taiwan dan Rusia mengatasi Covid-19
Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan

Reporter: Lidya Yuniartha | Editor: Noverius Laoli

KONTAN.CO.ID -  JAKARTA. Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan berharap agar Indonesia bisa meniru negara Jerman, Taiwan hingga Rusia dalam menangani Covid-19.

Menurut Luhut, hal ini dikarenakan negara-negara tersebut bersinergi sehingga cepat dalam mengatasi Covid-19 di negaranya.

"Saya membaca sedikit ada analisa bahwa negara Jerman yang paling cepat menangani Covid-19 dengan alasan bahwa mereka melakukan sinergi yang sangat padu. Akibat perpaduan demikian maka kita lihat Jerman, Taiwan, Rusia dikategorikan negara yang begitu cepat bisa recovery dari keadaan ini," terang Luhut, Senin (27/7).

Baca Juga: Luhut: Kalau waktu itu kita lokcdown, maka kita sudah bubar...

Sama dengan negara-negara tersebut, dia juga berharap semua pihak saling kompak, padu dan terintegrasi dalam mengatasi Covid-19. Dia berharap tidak ada pihak yang saling menyalahkan pihak lain.

"Tidak boleh ada salah menyalahkan, kalau ada kekurangan dari satu tempat, satu teman, kita saling memperbaiki, tidak dalam suasana untuk merasa paling baik dalam konteks ini," tutur Luhut.

Adapun, Luhut mengatakan pemerintah sudah meluncurkan berbagai program pemulihan ekonomi.

Beberapa program tersebut seperti dukungan pembiayaan untuk pemerintah daerah, penempatan dana pemerintah di bank pembangunan daerah hingga berbagai program bantuan sosial, penjaminan modal kerja untuk UMKM hingga subsidi bunga pinjaman UMKM.

Baca Juga: Menko Luhut: Hilirisasi tambang penting untuk pengembangan baterai kendaraan listrik

Dia berharap program ini bisa menjaga pertumbuhan ekonomi Indonesia.

"Saya berharap pelaksanaannya dapat dilakukan secara cepat sehingga kita bisa menjaga laju pertumbuhan ekonomi tidak negatif dan membantu penanganan kemiskinan serta pengangguran," kata Luhut.

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.


TERBARU

[X]
×