kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |

Lobi-lobi antara Megawati dan Prabowo di balik perebutan ketua MPR, ini kata Puan


Jumat, 04 Oktober 2019 / 20:13 WIB

Lobi-lobi antara Megawati dan Prabowo di balik perebutan ketua MPR, ini kata Puan
ILUSTRASI. Puan Maharani saat pelantikan anggota parlemen

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Ketua DPR RI Puan Maharani tidak mengetahui ada lobi-lobi antara Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri dengan Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto tentang dinamika perebutan Ketua MPR RI. Namun, Puan mengakui, komunikasi Megawati dengan Prabowo memang rutin dilaksanakan. 

"Saya enggak tahu ada pertemuan atau tidak (membahas perebutan kursi Ketua MPR). Tapi yang pasti bahwa silaturahim dan komunikasi antara Ibu Mega dan Pak Prabowo selalu dilakukan," kata Puan di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Jum'at (4/10). 

Baca Juga: Kursinya jadi rebutan, berapa gaji yang didapat ketua MPR?

Ketika ditanya apa yang membuat Gerindra akhirnya mengalah dan merelakan kursi Ketua MPR kepada Bambang Soesatyo, Puan enggan menjawabnya. "Ya tanya sama ketua fraksi Gerindra lah yang kemarin ngomong," ujar Puan. 

Diberitakan, Fraksi Partai Gerindra akhirnya mengalah dalam perebutan kursi Ketua MPR RI periode 2019-2024. Gerindra tak lagi ngotot mengajukan kadernya Ahmad Muzani untuk menjabat sebagai Ketua MPR. 

Pada Rapat Paripurna penetapan dan pelantikan Ketua MPR RI di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis (3/10) malam, Gerindra akhirnya mendukung Bambang Soesatyo untuk menduduki kursi tersebut. 

Ketua Fraksi Partai Gerindra di parlemen, Ahmad Riza Patria mengungkapkan, manuver itu didasarkan atas konsultasi dengan Ketua Umum partainya Prabowo Subianto dan Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri. 

"Kami Fraksi Partai Gerindra sepakat dan setuju mengusung Bambang Soesatyo sebagai Ketua MPR RI periode 2019-2024. Terima kasih," ujar Riza. 

Baca Juga: Emil Salim sebut revisi UU KPK membawa kita kembali ke era korupsi

Pernyataan Riza langsung disambut tepuk tangan meriah oleh seluruh wakil rakyat yang hadir dalam rapat. Diketahui, awalnya Fraksi Partai Gerindra bersikeras mencalonkan Ahmad Muzani sebagai Ketua MPR. 

Sementara, delapan fraksi di DPR beserta unsur kelompok DPD sepakat mendukung calon dari Partai Golkar, Bambang Soesatyo. (Haryanti Puspa Sari)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Lobi-lobi Megawati-Prabowo di Balik Perebutan Ketua MPR, Ini Kata Puan"


Sumber : Kompas.com
Editor: Tendi

Video Pilihan

Tag

Close [X]
×