kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45991,60   -2,56   -0.26%
  • EMAS1.135.000 -0,09%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Link Pendaftaran CPNS & PPPK Kemenag 2023, Simak Juga Cara Beli E-Materai CPNS


Senin, 25 September 2023 / 05:49 WIB
Link Pendaftaran CPNS & PPPK Kemenag 2023, Simak Juga Cara Beli E-Materai CPNS
ILUSTRASI. Link Pendaftaran CPNS & PPPK Kemenag 2023, Simak Juga Cara Beli E-Materai CPNS


Reporter: Adi Wikanto, Raissa Yulianti | Editor: Adi Wikanto

Link Pendaftaran CPNS PPPK Kemenag 2023- JAKARTA. Berikut link pendaftaran seleksi calon pegawai negeri sipil (CPNS) dan pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (PPPK) di Kementerian Agama (Kemenag) tahun 2023. Sebelum melakukan pendaftaran CPNS dan PPP Kemenag 2023, simak dahulu cara beli e-materai untuk daftar CPNS dan PPPK.

E-meterai atau materai elektronik menjadi syarat wajib bagi para pendaftar CPNS 2023. Pasalnya, e-meterai wajib disertakan di beberapa surat pemberkasan, seperti Surat Lamaran hingga Surat Pernyataan, bergantung masing-masing instansi.

Harga materai fisik dan e-materai sama, yakni Rp 10.000. E-meterai CPNS 2023 ini dikeluarkan langsung oleh Peruri (Percetakan Uang Republik Indonesia).

Lalu bagaimana cara beli e-materai untuk daftar CPNS 2023?

Baca Juga: Daftar Di Sscasn.bkn.go.id Mulai 20/9, Pemprov Jawa Timur Buka 7.744 Formasi PPPK

Cara Beli E-Meterai CPNS 2023

Ada dua cara beli e-Meterai CPNS 2023. Cara beli e-materai dapat dilakukan melalui laman resmi SSCASN maupun laman resmi E-Materai CASN.

Berikut cara beli e-meterai CPNS 2023 melalui laman SSCASN ataupun Meterai-elektronik.com, dilansir dari Kompas:

  1. Daftar akunmu di laman SSCASN
  2. Setelah terdaftar, login ke akun SSCASN sesuai yang didaftarkan
  3. Isi biodata dengan lengkap dan benar
  4. Pilih jenis seleksi yang akan dilamar
  5. Pilih instansi, pendidikan, lokasi, dan jabatan formasi yang akan dilamar
  6. Isi Riwayat pekerjaan dengan lengkap & benar
  7. Klik “Cek akun E-Meterai” & lakukan registrasi akun materai elektronik dengan klik “Registrasi E-Meterai”
  8. Isi e-mail, buat password dan konfirmasi password lalu klik "Submit"
  9. Aktivasi akun dengan membuka notifikasi pada e-mail yang sudah terdaftar, lalu klik "Aktivasi Akun"
  10. Setelah berhasil membuat akun E-Meterai di laman SSCASN, Anda akan diarahkan ke laman https://e-meterai.co.id
  11. Login dengan akun yang sudah terdaftar di SSCASN
  12. Klik "Pembelian", lalu lakukan pembelian kuota e-Meterai
  13. Masukkan kuota atau jumlah meterai elektronik yang akan dibeli dan klik Bayar
  14. Secara otomatis akan muncul invoice yang memuat total tagihan dan metode pembayaran
  15. Pilih metode pembayaran yang akan dilakukan, klik Lanjut dan lakukan pembayaran sesuai informasi yang tertera
  16. Setelah itu, Anda dapat mengikuti langkah-langkah selanjutnya untuk melakukan penyelesaian pembelian meterai elektronik.

Cara Bayar E-Meterai CPNS 2023

Melansir dari salah satu komentar resmi pihak Peruri Indonesia melalui kanal Instagram resminya di @peruri.indonesia, Peruri menyatakan bahwa pembelian meterai elektronik resmi untuk CASN 2023 hanya bisa melalui https://meterai-elektronik.com/.

“Hai Kak, Pembelian meterai elektronik resmi untuk CASN 2023 hanya bisa melalui https://meterai-elektronik.com/ ya kak,” dikutip melalui salah satu postingan Instagram @peruri.indonesia.

Untuk pembayaran e-materai juga hanya tersedia melalui QRIS. “Hai kak, untuk pembelian e-meterai melalui website https://meterai-elektronik.com/ pembayaran hanya bisa melalui QRIS ya kak,” komentar akun resmi Peruri di laman Instagramnya saat menjawab pertanyaan netizen di kolom komentar.

Apabila terkendala dalam tahap pembelian hingga pembayaran e-meterai CPNS 2023, anda dapat menghubungi pihak Peruri di portal Helpdesk melalui E-mail, WhatsApp, hingga chatbot yang tersedia 24 jam.

Adapun beberapa sumber yang bisa diakses untuk melakukan pembelian e-meterai CPNS 2023, dilansir dari Kompas.Tv, seperti PT Peruri DigitaL Security (PDS), PT Mitra Pajakku, PT Finnet Indonesia, PT Mitracomm Ekasarana, dan Koperasi Swadharma.

Link pendaftaran CPNS dan PPPK 2023

Merujuk keterangan di website resmi, Kemenag membuka pendaftaran seleksi CPNS dan PPPK tahun 2023. Total formasi CPNS dan PPPK Kemenag 2023 sebanyak 4.125 formasi.

Pendaftaran lowongan formasi CPNS dan PPPK Kemenag berlangsung online di website Sscasn.bkn.id. Namun selain link di atas, pendaftaran CPNS dan PPPK perlu buka sejumlah link lain untuk mendukung pendaftaran CPNS dan PPPK Kemenag 2023.

Sekjen Kemenag Nizar Ali mengatakan ada 68 formasi CPNS tahun 2023. Seluruh formasi CPNS Kemenag 2023 untuk dosen Perguruan Tinggi Keagamaan Negeri (PTKN).

Pendaftaran seleksi CPNS Kementerian Agama dibuka dari 22 September sampai 9 Oktober 2023. "Ada 68 formasi dosen yang tersebar pada 57 PTKN,” terang Nizar di Jakarta, Jumat (22/9/2023).

Pendaftaran seleksi calon PPPK Kementerian Agama dibuka dari 23 September sampai 9 Oktober 2023. Ada 4.057 formasi PPPK Kemenag yang tersebar pada 141 satuan kerja.

Menurut Nizar, pendaftaran seleksi CPNS dan PPPK Kemenag 2023 dibuka secara online dengan membuat akun pada SSCASN. Para pelamar seleksi CPNS dan PPPK Kemenag 2023 harus mengunggah dokumen yang dipersyaratkan sesuai dengan jadwal dan ketentuan pada laman resmi https://sscasn.bkn.go.id.

“Pelamar hanya boleh memilih satu pilihan formasi. Apabila terdapat kesalahan dalam pemilihan formasi, maka menjadi tanggung jawab pelamar sendiri,” tegas Nizar yang juga Ketua Panitia Seleksi.

“Informasi seputar seleksi CPNS dan Calon PPPK Kemenag juga bisa diakses melalui Pusaka Superapps Kemenag,” sambungnya.

Info lebih lengkap pendaftaran CPNS Kemenag 2023 bisa dibuka di link berikut ini: Link pendaftaran CPNS Kemenag 2023.

Syarat seleksi PPPK Kemenag 2023

Sementara untuk seleksi calon PPPK Kemenag 2023 hanya dilakukan dalam dua tahap, yaitu: Seleksi Administrasi dan Seleksi Kompetensi. Kelulusan seleksi administrasi calon PPPK Kemenag didasarkan pada kesesuaian antara data yang diisi dengan dokumen persyaratan yang diunggah pada laman https://sscasn.bkn.go.id.

“Untuk seleksi kompetensi, terdiri atas Seleksi Kompetensi CAT BKN dengan bobot nilai 50% dan Tes Moderasi Beragama Berbasis CAT Kementerian Agama dengan bobot nilai 50%,” tandasnya.

Info lebih lengkap pendaftaran seleksi PPPK Kemenag 2023 bisa dibuka di link berikut ini: link pendaftaran PPPK Kemenag 2023.

Itulah link pendaftaran CPNS dan PPPK Kemenag 2023 serta cara beli e-materai untuk daftar CPNS. Semoga Anda lolos seleksi CPNS dan PPPK 2023.
 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU

[X]
×