kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45789,76   5,21   0.66%
  • EMAS938.000 0,11%
  • RD.SAHAM -0.36%
  • RD.CAMPURAN -0.47%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.07%

Lembaga Manajemen Aset Negara telah mengelola Rp 29,1 triliun aset negara


Rabu, 18 Desember 2019 / 18:10 WIB
Lembaga Manajemen Aset Negara telah mengelola Rp 29,1 triliun aset negara
LMAN - Kontan Native Online

Reporter: Grace Olivia | Editor: Noverius Laoli

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Kelolaan aset  Lembaga Manajemen Aset Negara (LMAN) bertambah besar. Badan Layanan Umum (BLU) di bawah Kementerian Keuangan tersebut mengelola aset negara dengan nilai sebesar Rp 29,1 triliun di tahun 2019. 

Direktur Utama LMAN Rahayu Puspasari menjelaskan, peningkatan aset kelolaan sejalan dengan makin besarnya kepercayaan Direktorat Jenderal Kekayaan Negara (DJKN) Kemenkeu selaku pengelola barang milik negara (BMN) dan pembina teknis LMAN, dengan menambah penyerahan aset kepada lembaga tersebut. 

Baca Juga: LMAN Sebagai Katalis Pembebasan Lahan Tol Kunciran-Serpong

“Termasuk kepercayaan DJKN menyerahkan  dua kawasan aktiva kilang Arun dan kilang Badak untuk kami kelola,” tutur Rahayu, Rabu (18/12). 

Kedua kilang liquid natural gas (LNG) tersebut merupakan aset negara dengan nilai mencapai Rp 28,5 triliun. Selain itu, LMAN juga mengelola aset seperti gedung dengan total nilai mencapai Rp 91 miliar, apartemen Rp 119 miliar, serta ruko, rumah, dan tanah yang secara keseluruhan mencapai Rp 463 miliar. 

Rahayu mengatakan, optimalisasi kawasan plansite seluas 76 hektare, serta 598 dari 1.080 rumah di kilang LNG Arun berhasil menciptakan penerimaan negara bukan pajak (PNBP) hingga Rp 106 miliar di 2019, lebih tinggi dari Rp 17 miliar di 2018. 

“Kami optimistis melalui pembentukan KEK Arun Lhokseumawe dan sinergi dengan stakeholder swasta maupun pemerintah daerah, perekonomian di kota tersebut akan lebih hidup lagi,” tutur Rahayu. 

Baca Juga: Lembaga Manajemen Aset Negara Kembali Selenggarakan Kompetisi The Asset Manager 2019

Pasalnya, LMAN tak hanya bertugas untuk mengutilisasi aset negara menjadi sumber penerimaan, tetapi juga menciptakan nilai tambah dan daya ungkit dari aset-aset tersebut terhadap perekonomian. 

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.


TERBARU

[X]
×