kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45923,49   -7,86   -0.84%
  • EMAS1.319.000 -0,08%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

KPU akan gelar pleno rekapitulasi 4 provinsi hari ini


Senin, 13 Mei 2019 / 10:08 WIB
KPU akan gelar pleno rekapitulasi 4 provinsi hari ini


Sumber: Kompas.com | Editor: Noverius Laoli

KONTAN.CO.ID -  JAKARTA. Komisi Pemilihan Umum (KPU) dijadwalkan menggelar rapat pleno rekapitulasi hasil penghitungan dan perolehan suara tingkat nasional dalam negeri dan penetapan hasil pemilu 2019 untuk empat provinsi di Kantor KPU, Menteng, Jakarta, Senin (13/05).

Rencananya rapat pleno kali ini akan merekapitulasi perolehan suara di Provinsi DI Yogyakarta, Sulawesi Barat, Kalimantan Timur, dan Sulawesi Utara.

Ketua KPU Arief Budiman mengatakan, pleno diadakan lebih cepat, yakni pukul 10.00 WIB lantaran jumlah provinsi yang direkapitulasi lebih banyak dibandingkan sebelumnya.

"Sampai saat ini kita sudah menyelesaikan delapan provinsi. Terakhir tadi Kalbar, kemudian besok ada empat provinsi yang sudah dijadwalkan. Ada Sulawesi Barat, Kemudian DIY Kalimantan Timur dan Sulawesi Utara," ujar Arief di Kantor KPU, Minggu (12/5) malam.

Jika rekapitulasi empat provinsi tersebut bisa diselesaikan sebelum malam hari, KPU akan melanjutkan merekapitulasi dua provinsi lagi, yakni Jawa Timur dan Lampung. Komisioner KPU Lampung dan Jawa Timur dijadwalkan tiba di Jakarta sore ini.

Arief mengatakan, proses rekapitulasi akan semakin lama jika di provinsi tersebut terdapat banyak daerah pemilihan (Dapil). Karena itu, dengan semakin banyaknya jumlah provinsi dan Dapil yang akan direkapitulasi, ke depannya KPU akan menggelar rapat pleno dua panel untuk mempercepat proses rekapitulasi.

"Kan tadi kelihatan ketika di satu provinsi ada dua dapil, itu pembahasan agak lama. Apa lagi nanti di provinsi berikutnya itu jumlah dapil bisa banyak. Ada yang cukup banyak juga Jatim 11 dapil, Jateng masuk itu 10 dapil. Jadi dua provinsi saja itu pembahasan akan panjang sekali," lanjut dia. (Rakhmat Nur Hakim)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Hari Ini, KPU Gelar Pleno Rekapitulasi 4 Provinsi"

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×