kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45927,64   6,18   0.67%
  • EMAS1.325.000 -1,34%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

KPPIP pastikan sejumlah ruas tol dapat beroperasi pada akhir 2021


Kamis, 18 November 2021 / 07:53 WIB
KPPIP pastikan sejumlah ruas tol dapat beroperasi pada akhir 2021
ILUSTRASI. Jalan Tol Serang-Panimbang Seksi I ruas Serang-Rangkasbitung di Lebak, Banten. ANTARA FOTO/Dziki Oktomauliyadi/bk/agr/rwa.


Reporter: Vendy Yhulia Susanto | Editor: Herlina Kartika Dewi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Kemenko Perekonomian melalui Komite Percepatan Penyediaan Infrastruktur Prioritas (KPPIP) memastikan terdapat sejumlah ruas jalan tol baru yang dapat selesai dan beroperasi pada penghujung tahun 2021.

Sekretaris Tim Pelaksana KPPIP Suroto menjelaskan, kehadiran jalan tol yang termasuk dalam Proyek Strategis Nasional (PSN) tersebut akan membantu peningkatan konektivitas antar wilayah serta kawasan industri, pariwisata, bandara, serta pelabuhan.

“Tambahan jalan tol baru yang dapat selesai dan beroperasi pada akhir 2021 tersebut diharapkan dapat segera dimanfaatkan oleh masyarakat,” kata Suroto dalam keterangan tertulis yang diterima Kontan.co.id, Kamis (18/11).

Koordinator Project Management Office (PMO) KPPIP Sektor Jalan Tol, Kenwie Leonardo, menambahkan, ruas jalan tol yang selesai sepenuhnya yaitu Jalan Tol Cinere – Serpong dan Jalan Tol Manado – Bitung.

"Terselesaikannya Jalan Tol Cinere – Serpong akan melengkapi jaringan JORR II yang dapat memangkas waktu tempuh, memperlancar mobilitas masyarakat dan logistik, serta menumbuhkan potensi sentra ekonomi baru di sepanjang Serpong, Pamulang, Cinere, Bogor, dan Ciawi,” jelas Kenwie.

Baca Juga: KPPIP usul bangunan pengarah bendungan Rukoh masuk proyek strategis nasional

Selain itu, Jalan Tol Manado – Bitung di Sulawesi Utara juga akan selesai sepenuhnya pada akhir tahun ini. Keberadaan jalan tol pertama di Sulawesi Utara ini diharapkan dapat meningkatkan konektivitas wilayah dan daya saing investasi di tingkat provinsi, serta menumbuhkan potensi baru pertumbuhan ekonomi baru di kawasan Sulawesi utara.

KPPIP juga memastikan terdapat 8 ruas jalan tol yang dapat beroperasi sebagian pada akhir 2021. Sebagian besar ruas tol yang dapat beroperasi sebagian tersebut merupakan bagian dari Jalan Tol Trans Sumatra.

Lebih lanjut Kenwie mengatakan, KPPIP telah berperan dalam proses prioritisasi anggaran untuk pengadaan tanah dan debottlenecking isu-isu yang terjadi sepanjang proses pembangunan jalan tol sebagai upaya percepatan penyelesaian PSN Jalan Tol.

"KPPIP berkolaborasi penuh dengan seluruh pemangku kepentingan yang terlibat dalam proyek-proyek PSN,” pungkas Kenwie.

Adapun ruas tol yang dapat beroperasi sebagian akhir tahun ini yaitu:

1. Cileunyi – Sumedang – Dawuan Seksi 1,2,3

2. Cibitung – Cilincing Seksi 2,3

3. Serang – Panimbang Seksi 1

4. Kuala Tanjung – Tebing Tinggi – Parapat Seksi 1

5. Sigli – Banda Aceh Seksi 2

6. Padang – Pekanbaru (Ruas Pekanbaru – Bangkinang)

7. Bengkulu – Taba Penanjung

8. Binjai – Langsa (Seksi Binjai – Stabat)

Selanjutnya: KPPIP ungkap penyebab bengkaknya biaya proyek kereta cepat dan MRT

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×