kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45903,33   4,58   0.51%
  • EMAS1.313.000 -0,38%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

KPK verifikasi harta Jokowi selama 3,5 jam lamanya


Kamis, 26 Juni 2014 / 14:13 WIB
KPK verifikasi harta Jokowi selama 3,5 jam lamanya
ILUSTRASI. Rangkaian Electric Multiple Unit (EMU) menjalani uji operasional Kereta Cepat Jakarta-Bandung di Stasiun Tegalluar, Kabupaten Bandung


Reporter: Adinda Ade Mustami | Editor: Yudho Winarto

JAKARTA. Calon presiden Joko Widodo merampungkan klarifikasi dan verivikasi harta kekayaannya oleh tim pemeriksa harta kekayaan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Pria yang akrab disapa Jokowi tersebut mengaku ditanyai sangat detail harta kekayaannya oleh KPK.

"Jadi tadi sudah kami hadir di KPK dan telah mengklarifikasi, seluruh proses berjalan dengan baik. Dan sekali lagi, kami Jokowi-JK sangat menghargai, mengapresiasi apa yg telah dikerjakan oleh KPK selama ini," kata Jokowi kepada warawan di Kantor KPK, Jakarta, Kamis (26/6).

Jokowi diklarifikasi soal harta kekayaannya selama kurang lebih sekitar 3,5 jam. Sekeluarnya dari lobi utama KPK, Jokowi memberikan sambutannya kepada wartawan dengan ditemani Ketua KPK Abraham Samad.

Lebih lanjut menurut Jokowi, selain pertanyaan yang sangat detail, ia juga ditanyai mulai dari harta bergerak hingga harta tidak begerak.

"Mesipun saya bukan hanya sekali ini harta yang kami punyai dicek oleh KPK. Tahun 2005, 2010, 2012 juga sudah dicek di lapangan satu persatu sampai harta yang kecil-kecil dicek semua secara detail," tambahnya.

Lebih jauh kata Jowoki, mulai dari harta yang kecil seperti sepeda motor, rekening tabungan, hingga harta baru lainnya dan dari mana asal perolehannya, juga ditanyai KPK. Jokowi mengakui, harta kekayaannya ada penambahan dan juga ada pengurangan. Soal besar nilainya, ia tak mau membeberkan.

"Dan nanti secara detail jumlahnya berapa akan kami sampaikanan pada tanggal 1 Juli di KPU," singkatnya.

Sebelumnya, dari laporan harta kekayaan yang pernah diserahkan pada Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Selasa (20/5) Jokowi dalam laporan 31 Maret 2012, suami Iriana itu mengaku punya kekayaan Rp 27,255 miliar dan USD 9,876.

Harta Jokowi banyak disumbang oleh kepemilikan harta tak bergerak. Aset tanah dan bangunan miliknya mencapai 27 buah dengan total harga perkiraan Rp 23,770 miliar. Sedangkan untuk harta bergerak, kekayaan Jokowi Rp 499 juta.

Meski kendaraannya banyak, umumnya bernilai di bawah Rp 100 juta. Seperti mobil Mercedez Benz tahun 1996 seharga Rp 75 juta. Sisanya, ada Suzuki pick up, Isuzu 2002, Daihatsu Espass, hingga motor Yamaha Vega. Kendaraan termahalnya adalah Nissan Grand Livina 2010 yang ditaksir memiliki harga Rp 140 juta.

Sementara Jusuf Kalla, memiliki total kekayaan Rp 314,508 miliar dan USD 25,718. Namun data yang masuk ke KPK per November 2009. Bisa saja saat ini terjadi penyusutan atau penambahan nilai aset. Yang pasti, dari laporan Jusuf Kalla terlihat kalau kekayaannya ada pada sektor surat berharga.

Dilaporkan olehnya, total surat berharga itu mencapai Rp 220 miliar. Sebagai seorang pengusaha, ketua PMI itu memang memiliki banyak berinvestasi sejak lama. Salah satunya, ada yang dari 1952 dan kini ditaksir nilainya Rp 147 miliar. Namun, dia tidak menjelaskan apa bentuk investasi tersebut.

Di samping itu, JK juga memiliki banyak tanah. Total ada 51 tanah dan bangunan dengan estimasi Rp 91,999 miliar. Hartanya juga ada dari sebuah peternakan senilai Rp 1 miliar. Untuk harga bergerak, JK sepertinya tidak terlalu suka berinvestasi. Untuk kendaraan, hanya Rp 225 juta.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Practical Business Acumen

[X]
×