kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45866,25   0,74   0.09%
  • EMAS918.000 0,11%
  • RD.SAHAM -0.32%
  • RD.CAMPURAN -0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP -0.08%

Korlantas Polri siapkan aplikasi perpanjang dan ujian SIM online


Kamis, 11 Maret 2021 / 11:45 WIB
Korlantas Polri siapkan aplikasi perpanjang dan ujian SIM online
ILUSTRASI. Warga menjalani ujian praktek proses pembuatan Surat Izin Mengemudi (SIM) . ANTARA FOTO/Asep Fathulrahman/hp.

Sumber: Kompas.com | Editor: Handoyo .

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Korps Lalu Lintas Kepolisian RI ( Korlantas Polri), siap menjalankan empat program unggulan dalam mendukung Program Presisi Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo. 

Kepala Korlantas Polri Irjen Pol Istiono mengatkan, keempat program unggulan tersebut akan memanfaatkan teknologi informasi yang diawali dengan pelayanan publik di bidang penegakan hukum, atau electronic traffic law enforcement ( ETLE). 

"Ke depan penindakan hukum semua dengan menggunakan mesin. Untuk ETLE kemungkinan berkembang terus hingga akhir tahun, program ini akan terus dijalankan," kata Istiono dalam Rakernis Fungsi Lalu Lintas T.A 2021 melansir NTMC, Rabu (10/3/2021).

Selain ETLE, program 100 hari berikutnya adalah terkait perpanjang Surat Izin Mengemudi ( SIM), baik A (mobil) dan C (motor). Menurut Istiono, nantinya masyarakat tak perlu datang ke Samsat untuk melakukan perpanjangan SIM. 

Baca Juga: Pembatasan mobil usia 10 tahun belum bisa diterapkan di DKI, mengapa?

Cukup mengakses dengan aplikasi dari rumah, dan SIM yang sudah diperpanjang masa waktunya akan diantar. Begitu juga untuk program ujian tulis semua SIM baru yang prosesnya dijalankan secara daring. "Rencananya ini kita akan launching pada April. Kita akan terus bekerja keras untuk mewujudkan ini secara cepat," ucap Istiono. 

Sedangkan program unggulan keempat yang akan diluncurkan pada akhir April 2021 nanti adalah Samsat Digital Nasional. Baca juga: Tak Cuma Tangkap Pelanggar Lalu Lintas, Ini Fungsi Lain Kamera ETLE Menurut Istiono, diharapkan sebelum Lebaran semua program-program tersebut sudah bisa diselesaikan. 

"Mudah-mudahan di program 100 hari ke depan bisa tercapai 100 persen, dan masyarakat bisa menikmati pelayanan Polri yang lebih baik ke depan," kata Istiono.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Korlantas Siapkan Aplikasi Perpanjang dan Ujian SIM Online "

Selanjutnya: Awas ilegal, ini cara membedakan BPKB dan STNK asli atau palsu

 

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU

[X]
×