kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • EMAS 1.930.000   20.000   1,05%
  • USD/IDR 16.230   -112,00   -0,69%
  • IDX 7.214   47,18   0,66%
  • KOMPAS100 1.053   7,20   0,69%
  • LQ45 817   1,53   0,19%
  • ISSI 226   1,45   0,65%
  • IDX30 427   0,84   0,20%
  • IDXHIDIV20 504   -0,63   -0,12%
  • IDX80 118   0,18   0,16%
  • IDXV30 119   -0,23   -0,19%
  • IDXQ30 139   -0,27   -0,20%

Konsumsi rumah tangga hanya tumbuh 2,84% di kuartal I 2020


Selasa, 05 Mei 2020 / 14:07 WIB
Konsumsi rumah tangga hanya tumbuh 2,84% di kuartal I 2020
ILUSTRASI. Suasana gerai hipermarket di Jakarta Selatan, Minggu (3/5). KONTAN/Baihaki/3/5/2020


Reporter: Bidara Pink | Editor: Noverius Laoli

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Konsumsi rumah tangga tercatat tumbuh 2,84% yoy di kuartal I-2020. Menurut data Badan Pusat Statistik (BPS), laju pertumbuhannya menurun dari pertumbuhan di kuartal I-2019 yang mencapai 5,02% year on year (yoy).

"Karena porsi konsumsi rumah tangga terhadap perekonomian Indonesia sangat besar, maka penurunan pertumbuhannya menggeret pertumbuhan ekonomi ke bawah," kata Kepala BPS Suhariyanto, Selasa (5/5).  

Baca Juga: BPS: Jumlah penduduk usia kerja di Indonesia per Febuari 2020 bertambah 2,92 juta

Meski begitu, beberapa komponen pengeluaran dalam konsumsi rumah tangga masih mencatat pertumbuhan yang meningkat di tengah perlambatan komponen lain, dan bahkan terkontraksinya pertumbuhan komponen sisanya.

Terperinci, komponen yang masih mengalami pertumbuhan antara lain Perumahan dan Perlengkapan Rumah Tangga yang tercatat tumbuh 4,47% yoy. Bila dibandingkan dengan kuartal I-2019 yang sebesar 4,39% yoy, pertumbuhannya nampak lebih tinggi.

Selanjutnya, ada komponen Kesehatan dan Pendidikan yang tercatat tumbuh 7,85% yoy. Pertumbuhan ini meningkat dari pertumbuhan di kuartal pertama tahun lalu yang hanya sebesar 5,54% yoy.

Baca Juga: Konsumsi rumah tangga masih jadi penopang terbesar PDB kuartal I-2020




TERBARU
Kontan Academy
AYDA dan Penerapannya, Ketika Debitor Dinyatakan Pailit berdasarkan UU. Kepailitan No.37/2004 Digital Marketing for Business Growth 2025 : Menguasai AI dan Automation dalam Digital Marketing

[X]
×