kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.345.000 0,75%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Kondisi baik, dua pasien positif Covid-19 bisa pulang setelah dua kali pemeriksaan


Kamis, 05 Maret 2020 / 16:35 WIB
Kondisi baik, dua pasien positif Covid-19 bisa pulang setelah dua kali pemeriksaan


Reporter: Abdul Basith | Editor: Herlina Kartika Dewi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Kondisi dua pasien positif virus corona (Covid-19) saat ini dalam keadaan baik.

Baik kasus 1 dan kasus 2 sejak saat masuk dirawat intensif di Rumah Sakit Pusat Infeksi Sulianti Saroso tidak dalam keadaan kritis. Sehingga tidak menggunakan bantuan oksigen.

"Sekarang masih batuk jarang-jarang dan sudah tidak panas," ujar Sekretaris Direktorat Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kementerian Kesehatan Achmad Yurianto di Kantor Presiden, Kamis (5/3).

Baca Juga: Biaya perawatan pasien Covid-19 ditanggung negara

Saat ini telah masuk hari ketiga setelah dua pasien dinyatakan positif. Yuri yang menjadi Juru Bicara Pemerintah untuk penanggulangan COVID-19 bilang pemeriksaan akan dilakukan selama lima hari.

Setelah lima hari akan dilakukan uji ulang Covid-19 untuk kedua pasien. Bila hasilnya negatif, akan dilakukan kembali tes kedua setelah dua hari.

"Manakala hasilnya negatif maka kita pulangkan. Ini SOP yang sudah digunakan standar di seluruh dunia," terang Yuri.

Standar tersebut juga diterapkan oleh Jepang dalam menangani Covid-19. Yuri mencontohkan pasien Covid-19 Warga Negara Indonesia (WNI) Anak Buah Kapal (ABK) Diamond Princess yang sudah sembuh dinyatakan akan dipulangkan.

Sebelumnya WNI ABK tersebut dikarantina sebelum akhirnya dinyatakan positif. Setelah positif ia menjalani perawatan di rumahsakit dan saat ini dinyatakan negatif setelah dua kali pemeriksaan.

"Hari ini satu pulang, karena sudah dinyatakan dua kali pemeriksaan negatif dan kemudian dipulangkan ke Indonesia atas biaya perusahaan," jelas Yuri.

Baca Juga: Perlambat penyebaran virus corona, Australia cegah kedatangan orang asing dari Korsel

Setelah ini Indonesia juga telah menerima hasil tes dua orang WNI di Jepang yang dipastikan negatif. Namun, masih menunggu hasil tes kedua dilakukan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP) Negosiasi & Mediasi Penagihan yang Efektif Guna Menangani Kredit / Piutang Macet

[X]
×