kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.345.000 0,75%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Komisi VI DPR apresiasi hasil upaya restorasi gambut oleh BRGM


Rabu, 01 Desember 2021 / 16:41 WIB
Komisi VI DPR apresiasi hasil upaya restorasi gambut oleh BRGM
ILUSTRASI. Foto udara pola pembangunan sekat kanal di lahan gambut Tanjungjabung Timur, Jambi, Jumat (4/8). ANTARA FOTO/Wahdi Septiawan/ama/17.


Reporter: Tendi Mahadi | Editor: Tendi Mahadi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Komisi IV DPR RI meninjau langsung kegiatan restorasi gambut yang dilakukan oleh Badan Restorasi Gambut dan Mangrove (BRGM) di Desa Limbung, Kecamatan Sungai Raya, Kabupaten Kubu Raya, Kalimantan Barat. 

Desa Limbung merupakan lokasi yang sempat terbakar di awal tahun 2021, namun kelompok masyarakat (Pokmas) bersama warga berhasil memadamkan api dengan menggunakan sumber air dari sekat kanal yang dibangun BRGM.

Dalam kunjungannya tersebut, Wakil Ketua Komisi IV DPR RI, Budisatrio Djiwandono memuji kinerja BRGM yang telah berupaya memulihkan ekosistem gambut Indonesia.

“Kami senang bisa hadir dan melihat perkembangan secara langsung yang sudah baik ini, lalu pembangunan sekat kanal untuk upaya restorasi ekosistem gambut efektif. Kami harap kepada BRGM ini contoh yg baik dan bisa ditirukan di seluruh desa yang ada ekosistem gambutnya di Indonesia, tentunya mengikuti kearifan lokal masing-masing,” kata Budisatrio dalam keterangannya, Rabu (1/12).

Baca Juga: Kemendag lepas ekspor 1 juta liter Reduktan Herbisida ke Malaysia

Program restorasi gambut ini, kata Budi, sangat bermanfaat untuk kelestarian lingkungan dan kelestarian kehidupan di Desa Limbung. Di mana restorasi gambut bisa menjadi salah satu upaya dalam memitigasi dan mencegah kebakaran hutan dan lahan (karhutla) agar tidak semakin meluas, serta mengedukasi masyarakat dalam menjaga ekosistem gambut. 

“Pokmas juga sudah mendapatkan edukasi jika tiba-tiba terjadi kebakaran, mereka tahu harus ngapain, respon cepat ini begitu penting supaya tidak terjadi malapeteka yang lebih luas lagi,” ungkap Budi. 

“Program yang bermanfaat bagi masyarakat ini, saya harap bisa dijaga sampai tahun-tahun yang akan datang. Bahwa kekurangan yang ada itu manusiawi, kekurangan itu kita lengkapi dan teman teman di Komisi IV memberi dukungan kongkrit, termasuk dukungan untuk BRGM dalam menjalankan tugasnya,” sambungnya. 

Menanggapi hal tersebut, Kepala BRGM, Hartono menyebut keberhasilan pembangunan dalam segala bidang tidak terlepas dari dukungan politis dari parlemen, peran pemerintah daerah serta masyarakat. 

“Kami mendorong restorasi gambut di provinsi lain berjalan seperti yang ada di Desa Limbung, sehingga pencegahan kebakaran hutan dan lahan yang jadi fokus kita, secara bertahap bisa diminimalisir kalau perlu ditiadakan,” pungkas Hartono.  

Baca Juga: Daftar hari libur dan hari besar nasional Desember 2021, ada Natal, hari ibu dll

“Tugas penanganan karhutla BRGM sebenarnya lebih di sisi hulu agar yang mudah terbakar bisa dibasahi, sehingga meskipun lahan gambut kering dengan adanya partisipasi masyarakat, karhutla bisa ditekan seminimal mungkin,” lanjutnya. 

Hartono juga menuturkan, BRGM juga membangun Desa Mandiri Peduli Gambut (DPMG) dengan memfasilitasi aspek perlindungan gambut, di beberapa DMPG, secara sukarela sudah ada yang mengalokasikan APBDes mereka untuk pemeliharaan Infrastruktur Pembasahan Gambut yang sudah dibangun. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP) Negosiasi & Mediasi Penagihan yang Efektif Guna Menangani Kredit / Piutang Macet

[X]
×